Logo BeritaSatu

Pemkot Bengkulu: Penyaluran Sembako Sudah Tuntas Sebelum Idulfitri

Sabtu, 30 Mei 2020 | 18:54 WIB
Oleh : Usmin / YS

Bengkulu, Beritasatu.com - Pemkot Bengkulu menyatakan telah menuntaskan penyaluran bantuan sembako kepada 110.000 kepala keluarga (KK) terdampak wabah Covid-19 yang tersebar di sembilan kecamatan di Kota Bengkulu, dua hari menjelang Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah.

"Syukur alhamdulillah kita sudah menuntaskan pembagian sembako kepada 110.000 KK warga Kota Bengkulu, yang terdampak Covid-19 dua hari menjelang Idulfitri, sehingga pada saat Idulfitri mereka memiliki cadangan beras yang cukup di rumahnya," kata Kepala Dinas Kominfo Kota Bengkulu Eko Agusrianto, di Bengkulu, Sabtu (30/5/2020).

Ia mengatakan, bansos sembako yang dibagikan Pemkot Bengkulu kepada warga terdampak Covid-19 berupa beras sebanyak 20 kg dan mi instan sebanyak dua dus setiap keluarga.

Bantuan sembako tersebut disalurkan dalam dua tahap, yakni tahap pertama berupa 5 kg beras dan 1 dus mi instan dan bantuan tahap kedua berupa beras sebanyak 15 kg dan 1 dus mi instan.

"Bantuan kedua kita salurkan kepada masyarakat Kota Bengkulu, dua hari menjelang Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah," ujarnya.

Eko mengatakan, Pemkot Bengkulu sengaja melaksanakan pembagian bantuan sembako berupa beras dan mi instan kepada warga terdampak wabah virus corona mendekati Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah, sehingga saat Lebaran stok beras di rumah mereka dalam keadaan cukup.

Karena itu, bantuan sembako tahap kedua diberikan sebanyak 15 kg dan 1 dus mi instan. Dengan demikian, meski mereka belum mendapat penghasilan sepekan setelah Idulfitri stok beras di rumah warga, khususnya yang terdampak Covid-19 dalam keadaan cukup.

Dengan demikian, kata Eko Agusrianto, warga tidak pusing memikirkan beras untuk kebutuhan bagi keluarganya setelah Idulfitri 1441 Hijriah, karena stok beras di rumahnya masih aman alias cukup sesuai kebutuhan.

"Warga menerima bansos dengan senang hari dan berterima kasih," ujarnya.

Aswan (44), salah seorang warga Kota Bengkulu mengatakan, dirinya bersyukur kepada Wali Kota Helmi Hasan dan Wakil Wali Kota Dedy Wahyudi yang telah memberikan bantuan beras dan mi instan kepada warga kota yang terdampak wabah virus Covid-19.

"Saya secara pribadi kepada Pak Wali dan Wawali Kota Bengkulu, sigap memberikan bantuan sembako berupa beras dan mi instan saat warga dalam kesulitan mendapatkan bahan pangan akibat tidak memiliki sumber pendapatan akibat wabah virus corona," ujarnya.

Aswan menambahkan, warga tidak mempersoalkan besar kecil bantuan yang diberikan Pemkot Bengkulu kepada masyarakat, tapi rasa kepedulian Wali Kota dan Wakil Wali Kota kepada masyarakat sangat kita hargai. Mereka berdua datang sendiri mengatarkan beras ke rumah warga terdampak Covid-19.

"Tidak banyak pemimpin seperti Pak Helmi Hasan dan Pak Dedy Wahyudi di Bengkulu, yang siap memanggul beras dan mi instan mengantarkan bansos tersebut ke rumah warga yang terdampak wabah Covid-19 di daerah ini," ujarnya.

Hal senada diungkapan Gafur Ahmad (57), warga Kota Bengkulu lainnya. Ia mengaku sangat bersyukur dua hari menjelang Idulfitri 1441 Hijriah bantuan sembako tahap kedua dari Pemkot Bengkulu beruba 15 kg dan satu dus mi instan sampai di rumahnya yang diantar langsung oleh Ketua RT setempat.

"Saya berterima kasih sama Pak Wali dan Wakil Wali Kota Bengkulu, telah menempati janjinya membagikan bantuan sembako tahap kedua berupa beras dan mi instan kepada warga terkena dampak Covid-19 dua hari menjelang Idulfitri," ujarnya.

Dengan demikian, pada saat Hari Raya Idulfitri cadangan beras di rumahnya lumayan banyak, sehingga memikirkan membeli beras setelah Idulfitri.

"Sekarang sulit mas berjualan di pasar karena daya beli masyarakat turun. Dalam sehari belum tentu dapat duit Rp 50.000 dari hasil sayur. Saya berharap wabah covid segera berakhir, sehingga masyarakat kembali beraktivitas dan daya beli masyarakat kembali naik," ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tragedi Kanjuruhan, PSSI Hentikan Liga 1 Selama Sepekan

Buntut tragedi Kanjuruhan, PSSI memutuskan untuk menghentikan BRI Liga 1 2022/2023 selama satu pekan dan melarang Arema FC menjadi tuan rumah.

NEWS | 2 Oktober 2022

Korban Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan Dikabarkan Bertambah Jadi 62 Orang

Korban tewas dalam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya dikabarkan bertambah menjadi 62 orang. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Arema FC Akan Dilarang Jadi Tuan Rumah di Sisa Musim Liga 1

Komisi Disiplin PSSI menegaskan bahwa Arema FC bisa terkena sanksi tidak dapat menjadi tuan rumah di sisa laga BRI Liga 1 2022/2023.

NEWS | 2 Oktober 2022

Video: Gas Air Mata Bikin Massa di Kanjuruhan Panik

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya, Sabtu (1/10/2022) diduga disebabkan karena penggunaan gas air mata di Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ini Video Ribuan Suporter Merangsek Masuk Lapangan

Beredar video yang menunjukkan suporter merangsek masuk lapangan usai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan: Aturan FIFA, Gas Air Mata Terlarang

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) diduga disebabkan karena penggunaan gas air mata.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, PSSI: Arema Bisa Kena Sanksi Keras

Kerusuhan terjadi di Stadion Kanjuruhan setelah laga BRI Liga 1 antara Arema FC dan Persebaya Surabaya, Sabtu, 1 Oktober 2022.

NEWS | 2 Oktober 2022

Persebaya Berduka atas Korban Tewas dalam Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Persebaya Surabaya menyampaikan duka cita atas jatuhnya korban jiwa dalam kerusuhan usai laga melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi di Kanjuruhan, PSSI Segera Investigasi

PSSI segera melakukan investigasi terkait kerusuhan yang berujung tragedi di dalam Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022).

NEWS | 2 Oktober 2022

Gas Air Mata Dituding Penyebab Jatuhnya Korban di Kanjuruhan

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya dipandang karena tembakan gas air mata di dalam Stadion Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tekan <em>Stunting</em>, BKKBN Sulsel Sosialisasikan Bangga Kencana

Tekan Stunting, BKKBN Sulsel Sosialisasikan Bangga Kencana

NEWS | 29 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings