Pariwisata Danau Toba Segera Dibuka
Logo BeritaSatu

Pariwisata Danau Toba Segera Dibuka

Minggu, 31 Mei 2020 | 16:31 WIB
Oleh : Arnold H Sianturi / JAS

Simalungun, Beritasatu.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun segera membuka industri pariwisata Danau Toba dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan terkait Covid-19. Selama pandemi virus corona perekonomian masyarakat sangat terdampak karena lokasi wisata itu sempat ditutup.

Bupati Simalungun mengatakan, pihaknya melibatkan TNI/Polri dalam melakukan pengawasan menuju kenormalan baru (new normal) di setiap lokasi pariwisata. Selain itu, pihak kecamatan, kelurahan sampai kepala desa juga harus mengambil peranan dalam mengawasi wisatawan.

"Sebelum membuka lokasi wisata menuju new normal ini, kita terlebih dahulu melakukan simulasi kehidupan baru, dengan mengikuti petunjuk pemerintah pusat tentang protokol kesehatan," ujar Bupati Simalungun, JR Saragih saat memantau simulasi di Kota Wisata Parapat, Minggu (31/5/2029).

Bupati mengatakan, dalam menerapkan new normal itu, hotel, restoran maupun pusat perbelanjaan di sana, sudah dapat beroperasi kembali. Dengan beroperasinya semua itu, diharapkan dapat menghidupkan kembali perekonomian di tengah masyarakat, khususnya pariwisata.

"New normal ini mewajibkan setiap kantor, hotel maupun fasilitas umum untuk menyediakan alat cek kesehatan (suhu tubuh), tempat cuci tangan dilengkapi cairan sabun atau hand sanitizer, dan setiap masyarakat di sana maupun wisatawan yang berwisata, harus menggunakan masker," sebutnya.

Menurutnya, Pemkab Simalungun tetap mengikuti petunjuk dari Pemerintah Pusat untuk memulai tahapan new normal. Oleh karena itu, pemerintah bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terus melakukan koordinasi untuk membenahi kekurangan menuju kenormalan baru itu.

"Kita mengimbau kepada masyarakat yang sumber ekonominya dari industri pariwisata juga tidak mengabaikan protokol kesehatan Covid-19 tersebut. Masyarakat juga harus menggunakan masker, mengambil jarak, rajin mencuci tangan dan selalu menjaga kebersihan lingkungan," sebutnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Jatim Kembali Tertinggi "Sumbang" Pertambahan Kasus Covid-19

Jatim kembali mencatatkan diri sebagai "penyumbang" terbanyak dalam pertambahan kasus Covid-19 dalam waktu 24 jam yakni sebanyak 244 orang.

NASIONAL | 31 Mei 2020

Pascalongsor, Pengguna Jalan Tol Semarang-Solo Diminta Berhati-hati

Longsor disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi sehingga tanah tebing yang berada di samping jalan tol longsor ke jalur.

NASIONAL | 31 Mei 2020

Gereja HKBP Pearaja di Tarutung Dibuka Kembali untuk Layani Jemaat

Bupati Taput Nikson Nababan mengatakan, rumah ibadah ini dibuka kembali sebagai "role model" untuk gereja lainnya menuju kehidupan normal baru.

NASIONAL | 31 Mei 2020

Jalur Tol Semarang-Solo yang Tertimbun Longsor Kembali Didibuka

Lalu lintas dari arah Solo, kata Agus Joko, sempat dialihkan melalui gerbang Tol Ungaran.

NASIONAL | 31 Mei 2020

Pilkada Serentak di Jabar Bakal Berlangsung di 8 Kabupaten/Kota

Pilkada serentak di Jabar bakal berlangsung di Kabupaten Bandung, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran, dan Kota Depok.

NASIONAL | 31 Mei 2020

Ganjar Siap Pecat dan Seret ASN Korup ke KPK

Tidak boleh hari ini ada pemimpin yang mikir duit, apalagi korupsi.

NASIONAL | 31 Mei 2020

Ganjar Minta Polisi Usut Intimidasi Tenaga Medis di Sragen

Ganjar meminta masyarakat tidak memberikan stigma negatif terhadap para petugas kesehatan dalam melaksanakan tugasnya melawan covid-19.

NASIONAL | 31 Mei 2020

DPRD Surabaya: Banyak Pedagang Pasar Abaikan Protokol Kesehatan

Wali kota Surabaya agar lebih meningkatkan komunikasinya dengan gubernur Jatim terkait dengan penanganan Covid-19 di Surabaya.

NASIONAL | 31 Mei 2020

Kemdagri Tak Pernah Larang Ojek Online Beroperasi

Kemdagri tak mengatur operasional ojek online/ojek konvensional yang merupakan wewenang Kementerian Perhubungan.

NASIONAL | 31 Mei 2020

Pemprov Maluku Utara Usulkan lima 5 Daerah Terapkan New Normal

Saat ini belum ada ketentuan secara resmi tentang kenormalan baru di Indonesia.

NASIONAL | 31 Mei 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS