Pemkab Bogor Pastikan Belum Buka Wisata Camping

Pemkab Bogor Pastikan Belum Buka Wisata Camping
Beredar lokasi wisata camping di Bukit Alas Bandawasa di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. (Foto: Beritasatu.com / Vento Saudale)
Vento Saudale / EHD Senin, 1 Juni 2020 | 19:40 WIB

Bogor, Beritasatu.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memastikan bila pemda belum memperbolehkan wisata camping di mana pun. Hal itu menjawab terkait foto kawasan wisata Bukit Alas Bandawasa di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor diserbu para pelancong di tengah pandemi Covid-19.

Dalam foto memperlihatkan ratusan tenda warna-warni nampak memadati kawasan tersebut dari atas ketinggian. Seakan tanpa jarak, bukit itu tetap dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah.

Foto tersebut akhirnya viral di media sosial karena di tengah pandemi covid-19, masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dengan berjaga jarak seolah tidak mengurungkan niat wisatawan untuk berlibur.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Syarifah Sofiah mengkonfirmasi bila foto yang beredar itu bukan hari ini. Melainkan, pada masa libur lebaran beberapa hari lalu. “Belum ada izin lokasi wisata cemping di kabupaten dibuka. Wisata alam bukit Alas Bandawasa, sudah di tutup kemarin. Kebetulan hari ini ada pemantauan ulang di lokasi dan lokasi kosong tidak ada pengunjung,” katanya, Senin (1/6/2020).

Plt Camat Cigombong Asep Achdiat mengaku sangat prihatin dengan berdarnya foto viral tersebut. Pihaknya langsung berkoordinasi dengan aparat terkait untuk membubarkan wisatawan secara persuasif.

Untuk sementara, kawasan wisata itu ditutup sementara sampai masa PSBB di Kabupaten Bogor berakhir. Meski demikian, nantinya pengelola tetap harus mengedepankan protokol kesehatan. "Jika nanti masuk masa new normal, silakan buka dengan patuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19. Wajib masker, jaga jarak, tidak berkerumun. Pintu masuk ke lokasi, sementara di portal," tutupnya.



Sumber: BeritaSatu.com