Budi Karya Sumadi: Saya Sehat dan Bugar

Budi Karya Sumadi: Saya Sehat dan Bugar
Budi Karya Sumadi (Foto: Beritasatu / Primus Dorimulu)
Primus Dorimulu / HA Selasa, 2 Juni 2020 | 01:10 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pola hidup sehat adalah kunci melawan Covid-19. Makan terukur dan olah raga teratur akan menaikkan imunitas tubuh untuk melawan virus corona. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kini sudah sehat dan bugar.

"Anda bisa melihat, saya sekarang lebih sehat dan bugar," ujar Budi dalam pertemuan virtual dengan para pemimpin redaksi ibu kota, Senin (1/6/2020). Tampak dalam penampilan di konferensi video Zoom, Budi lebih langsing dari sebelumnya.

Untuk menopang pemulihan, kata Budi, ia menggunakan personal trainer empat kali sepekan. Setiap pertemuan dua-tiga jam olah raga. Selain itu, setiap hari berjalan setengah jam diselingi jogging.

Selain olah raga, Budi juga mengatur menu makanan sesuai arahan dokter ahli gizi. Tidak boleh lagi mengonsumsi karbohidrat. Sehari cukup tiga kali makan. Susu dua gelas sehari.

Saya pikir, saya tertular Covid di Makassar saat meresmikan KA Trans-Sulawesi.

"Pertama kali saya lapor Presiden sesudah dinyatakan sembuh, saya disuruh makan banyak oleh Presiden," kenang Budi. Ia pun makan hingga lima kali sehari. Hasilnya, berat badan naik delapan kilogram.

Baca juga: Kemhub Bantah Berita Menhub Kembali Positif Covid-19

Dokter gizi kemudian mengingatkan dia untuk mengurangi makan. "Sekarang dengan olah raga dan makan yang tertib, saya merasa lebih kuat," kata Menhub.

Ketika terkena Covid, kata Budi, badan terasa lemah. Kesehatan dan kebugaran fisik turun perlahan.

"Puncaknya ketika saya menemani menteri Belanda naik mobil dari Jakarta ke Tanjung Priok. Badan sangat capek. Tak pernah saya merasakan kelelahan fisik seperti itu," paparnya.

Menteri Infrastruktur dan Air Belanda Cora van Nieuwenhui menunjangi Indonesia tinggal 9-13 Maret 2020. Pada 14 Maret, sehari kemudian, Budi dinyatakan positif Covid dan dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto. Menhub dinyatakan sembuh tinggal 27 April 2020.

"Saya pikir, saya tertular Covid di Makassar saat meresmikan KA Trans-Sulawesi," kata Budi saat kunjungan kerja ke lokasi proyek, KA Trans-Sulawesi di Makassar, Sabtu (29/2/2020). Pembangunan jalur KA Trans Sulawesi, Kabupaten Pangkep-Barru direncanakan tuntas pada akhir 2020.

Baca juga: Sembuh dari Covid-19, Menhub Masuk Kerja Mulai 5 Mei



Sumber: BeritaSatu.com