Sensus Penduduk Online Diikuti 51,36 Juta Orang

Sensus Penduduk Online Diikuti 51,36 Juta Orang
Ilustrasi Sensus Penduduk 2020. (Foto: Antara)
Herman / MPA Selasa, 2 Juni 2020 | 11:42 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com – Kegiatan Sensus Penduduk Online yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) telah berakhir pada 29 Mei 2020. Sejak dimulai pada 15 Februari 2020, BPS mencatat jumlah penduduk Indonesia yang telah berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online mencapai 51,36 juta orang.

Kepala BPS Suhariyanto menyampaikan, dari hasil Sensus Penduduk Online tersebut, BPS akan membuat daftar penduduk per RT atau satuan lingkungan untuk mengidentifikasi siapa saja yang telah melakukan sensus online.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online. Ada 51,36 juta orang yang berpartisipasi, atau 19,05% dari total penduduk Indonesia yang mencapai 270 juta. Dengan memperhatikan ini adalah Sensus Penduduk Online pertama, dapat saya katakan bahwa kepedulian masyarakat Indonesia terhadap data sangat luar biasa,” kata Suhariyanto dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (2/6/2020).

Bila nantinya kasus Covid-19 sudah mulai mereda, BPS berencana melakukan sensus penduduk offline pada September 2020.

Untuk mekanismenya, Suhariyanto menjelaskan, pendataan akan dilakukan door-to-door, di mana petugas sensus akan menyampaikan kuisioner (drop off) untuk diisi secara mandiri oleh penduduk, dan setelah diisi akan diambil kembali oleh petugas sensus.

“Petugas sensus didampingi Ketua RT nantinya akan membagikan kuisioner secara offline, jadi tidak ada wawancara langsung. Setelah diisi, nantinya akan diambil lagi oleh petugas sensus,” terang Suhariyanto.

Untuk melaksanakan kegiatan tersebut, BPS akan merekrut petugas sensus sebanyak kurang lebih 247.000 orang, dan melibatkan pengurus RT.



Sumber: BeritaSatu.com