Pemkab Lebong Diminta Pertahankan Status Zona Hijau Covid-19

Pemkab Lebong Diminta Pertahankan Status Zona Hijau Covid-19
Ilustrasi Virus Corona (Foto: istimewa / istimewa)
Usmin / LES Selasa, 2 Juni 2020 | 12:13 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Kabupaten Lebong merupakan satu-satunya kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu, yang masih zona hijau penyebaran virus corona.

Sedangkan Kabupaten Rejang Lebong sudah tidak menjadi zona hijau lagi penyebaran virus corona karena di daerah tersebut, pada Senin (1/6/2020), sudah ditemukan satu kasus positif Covid-19.

"Jadi, sekarang tinggal Lebong saja yang masih zona hijau Covid-19 di Bengkulu. Kita berharap Pemkab Lebong dapat mempertahankan predikat zona hijau tersebut," kata Kepala Dinkes Bengjkulu, Herwan Antoni, di Bengkulu, Selasa (2/6/2020).

Ia mengatakan, penambahan kasus covid-19 pada Senin di Bengkulu, hanya terjadi satu kasus di Rejang Lebong saja. Sedangkan kota dan kabupaten lainnya tidak ada penambahan sama sekali alias zero kecuali ada penambahan 3 kasus PDP.

Tiga kasus DPD hasil rapid test tersebut, 2 kasus di antaranya dari Rejang Lebong dan satu Kota Bengkulu. Ketiga pasien tersebut sudah disikapi dengan pengambilan sampel swab dan telah dikirim ke labor Kesda Bengkulu.

"Sekarang kita masih menunggu hasil uji sanpel swab 3 pasien PDP dari Labor Kesda Bengkulu. Kita berharap mereka semuanya negatif sehingga kasus positif Covid-19 tidak bertambah lagi," ujarnya

Sementara itu, Bupati Lebong Rosjonsyah mengatakan, pihaknya dengan segala kemampuan untuk mempertahankan predikat zona hijau penyebaran virus corona di Bengkulu.

Untuk itu, pihaknya bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lebong, tetap memperketat orang luar masuk ke daerah ini guna mencegah berjangkitnya virus corona di Kabupaten Lebong.

"Sampai kini setiap orang yang akan masuk Lebong kita periksa ketat di perbatasan. Setiap orang yang masuk Lebong wajib dicek suhu tubuh dan wajib pakai masker dan nama dan alamat dicatat oleh petugas di posko perbatasan. Bagi yang kesehatanya tidak baik dilarang masuk ke Lebong," ujarnya.

Sikap tegas ini semata-mata agar tidak ada warga Lebong yang terjangkit virus corona selama wabah virus tersebut melanda Tanah Air, termasuk Provinsi Bengkulu.

Pemkab Lebong meski daerahnya berstatus zona hijau Covid-19 tapi tetap gencar mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat daerah setempat, seperti wajib memakai masker bila keluar rumah, membiasakan jaga jarak atau physical distancing pada saat berinteraksi dengan orang lain dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

Dengan gencarnya sosialisasi tersebut, katanya diharapkan warga Lebong dapat menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari- hari di masa pandemi Covid-19; sehingga daerah ini tetap zona hijau di Bengkulu.

 



Sumber: BeritaSatu.com