Adaptasi Normal Baru, Jajaran Polri Diminta Humanis

Adaptasi Normal Baru, Jajaran Polri Diminta Humanis
Ilustrasi polisi. (Foto: Antara / Jessica Helena Wuysang)
Carlos KY Paath / JAS Selasa, 2 Juni 2020 | 16:52 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah akan menerapkan kebijakan new normal atau pelaksanaan protokol tatanan normal baru yang produktif. Ketua Komisi III DPR Herman Herry berharap jajaran kepolisian mengedepankan pendekatan humanis menjelang new normal tersebut.

Herman menyatakan, petugas kepolisian yang dikerahkan untuk adaptasi new normal, berfungsi mengawasi penerapan protokol kesehatan. Tujuannya tak lain supaya masyarakat bisa segera betul-betul berdisiplin menerapkan pola pencegahan penyebaran Covid-19 sehingga kurva di Indonesia dapat menurun.

"Dalam tugasnya di lapangan, aparat kepolisian harus mengedepankan pendekatan humanis," kata Herman, Selasa (2/6/2020).

Menurut Herman, aparat kepolisian harus bisa mengedukasi kepada masyarakat. "Ingatkan dengan baik warga yang tidak mengenakan masker, awasi fasilitas publik agar orang yang berada di dalamnya tidak melebihi kapasitas aman, atur antrean agar sesuai prinsip jaga jarak aman, serta memberi edukasi kepada warga soal pentingnya disiplin menerapkan protokol kesehatan," ujar Herman.

Herman pun mengingatkan pihak kepolisian, cermat dalam menempatkan anggota. "Polri harus cermat dalam mengatur kebutuhan personel yang diterjunkan untuk membantu persiapan new normal ini. Begitupun dengan kebutuhan petugas yang dikerahkan ke lapangan, mesti betul-betul dicukupi," ucap Herman.



Sumber: BeritaSatu.com