Memasuki Tatanan Normal Baru, Mendagri Ajak Daerah Berinovasi

Memasuki Tatanan Normal Baru, Mendagri Ajak Daerah Berinovasi
Mendagri Tito Karnavian (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Yeremia Sukoyo / YS Selasa, 2 Juni 2020 | 17:37 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) menggelar lomba inovasi daerah berupa pembuatan video menyongsong kehidupan normal baru di tengah pandemi Covid-19. Peserta lomba berasal dari seluruh pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota.

Lomba tersebut mengusung tema penyiapan tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19. Video yang dilombakan memuat simulasi inovasi kehidupan normal baru di tujuh sektor. Yaitu pasar tradisional, pasar modern seperti mal supermarket dan mini market, transportasi umum, restoran, hotel, tempat wisata, serta Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Tujuh sektor tersebut dipilih karena kerap bersinggungan dengan masyarakat. Simulasi dibuat secara riil di mana kegiatan tersebut nantinya akan diterapkan.

Mendagri Tito Karnavian menilai, pemerintah daerah berperan penting dalam menata kehidupan normal baru yang produktif dan aman di tengah pandemi Covid-19. Pemerintah daerah harus bangkit dengan memahami tatanan baru tersebut.

"Untuk itu, perlu satu narasi diberikan kepada mereka mengapa perlu penyiapan dan sosialisasi sebelum ada kebijakan, sehingga masyarakat memahami yang dimaksud tatanan baru itu seperti apa," ucap Tito dalam keterangannya, Selasa (2/6/2020).

Melihat kondisi itu, lomba video inovasi dirasa cukup penting untuk mendorong pemerintah daerah mulai memikirkan strategi, kreasi, dan inovasi dalam menghadapi kehidupan normal baru.

Menurut Tito, kegiatan itu sekaligus untuk mencari model simulasi protokol kesehatan terbaik terkait kehidupan normal baru di tengah Covid-19. Karenanya, kepala daerah dihimbau mengoordinasikan seluruh jajarannya untuk menyiapkan video simulasi inovasi di tujuh sektor yang dilombakan.

Sementara itu, Plt Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri Muhammad Hudori berharap setiap daerah dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya. Sebabnya, selain mendapat piagam penghargaan, pemenang juga akan diberikan Dana Insentif Daerah.



Sumber: Suara Pembaruan