Logo BeritaSatu

Bengkulu Belum Berencana Terapkan New Normal

Selasa, 2 Juni 2020 | 17:46 WIB
Oleh : Usmin / YUD

Bengkulu, Beritasatu.com - Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, pihaknya belum berencana mengajukan izin ke Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pusat untuk menerapkan tatanan kehidupan baru atau new normal di daerah ini.

"Kita belum ada rencana menerapkan new normal di Bengkulu, karena syaratnya berat, salah satunya kasus Covid-19 harus nol (RO) dan kasus virus korona dalam kurun waktu tertentu tidak ada lagi alias bebas Covid-19," kata Gubernur Rohidin di Bengkulu, Selasa (2/6/2020).

Ia mengatakan, Pemprov Bengkulu dan dinas instansi terkait, saat ini fokus untuk mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat umum, pedagang, petani, nelayan dan masyarakat lainnya dalam rangka mengendalikan penyebaran virus corona di daerah ini.

Adapun protokol kesehatan yang disosialisasikan ke masyarakat itu, antara lain kebiasaan mencuci tangan pakai sabun, menggunakan masker jika keluar rumah dan menjaga jarak atau physical distancing, serta menghindari kerumunan banyak orang.

Apabila protokol kesehatan ini dapat diterapkan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Bengkulu, maka kasus Covid-19 di daerah ini dapat ditekan.

"Kunci untuk memutus rantai penyebaran virus corona dapat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Kalau ini dapat dijalankan dengan baik oleh seluruh elemen masyarakat di Bengkulu, maka virus corona dengan sendirinya hilang dari Bumi Raflesia," ujarnya.

Karena itu, Pemprov Bengkulu dan Dinkes setempat fokus pada sosialisasi penerapan protokol kesehatan ke masyarakat hingga tingkat desa dan kelurahan di 10 kabupaten dan kota yang ada di daerah ini.

Soalnya, jika protokol kesehatan sudah dijalankan dengan baik oleh masyarakat, maka berbagai aktivitas ekonomi warga dapat dijalan dengan baik. "Jadi, kita tanpa menerapkan protokol kesehatan baik di masyarakat, maka penyebaran virus corona sulit akan dihentikan," ujarnya.

Gubernur Rohidin menambahkan, jika protokol kesehatan sudah dijalankan dengan baik oleh masyarakat, maka pelaksanaan tatanan hidup batu atau new normal dapat dilaksanakan di daerah ini, karena kasus Covid-19 sudah berada di angka nol, tapi kalau sekarang belum bisa dilaksanakan.

Saat ini, kasus positif Covid-19 di Bengkulu, tercatat 92 orang. Dari jumlah itu, 25 orang dinyakan sembuh, 12 pasien menjalani perawatan di beberapa RSU di Bengkulu, 53 menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing dan pasien meninggal dunia 2 orang.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BKSAP DPR: Indonesia Komitmen Capai Net Zero Emission 2060

Wakil Ketua BKSAP DPR, Putu Supadma Rudana menegaskan Indonesia memegang teguh komitmen untuk mencapai net zero emission atau emisi nol bersih pada 2060.

NEWS | 7 Oktober 2022

Keppres Pj Gubernur DKI Akan Diterbitkan Pekan Depan

Ditargetkan Keputusan Presiden (Keppres) tentang penunjukan Pj Gubernur DKI Jakarta akan diterbitkan pekan depan.

NEWS | 7 Oktober 2022

6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan Diperiksa Polisi Pekan Depan

Pemeriksaan enam tersangka itu terkait tragedi Kanjuruhan pascakericuhan yang terjadi usai pertandingan antara Arema FC vs Persebaya Surabaya.

NEWS | 7 Oktober 2022

Soal Konten Prank KDRT, Baim Wong Akui Salah dan Minta Maaf

Baim Wong mengaku menyesal dan meminta maaf atas pembuatan konten prank KDRT yang telah dibuatnya.

NEWS | 7 Oktober 2022

Anies Dukung Total Heru Budi Hartono Jadi Pj Gubernur DKI

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan selamat kepada Heru Budi Hartono yang dikabarkan telah ditetapkan sebagai Pj Gubernur DKI.

NEWS | 7 Oktober 2022

Kasus Lukas Enembe, Masyarakat Diminta Waspadai Provokasi

Masyarakat Papua diminta mewaspadai provokasi terkait kasus Lukas Enembe yang bisa membuat situasi menjadi tidak kondusif.

NEWS | 7 Oktober 2022

Jalan Protokol Kota Bekasi Digenangi Banjir Sedalam 50 Cm

Jalan protokol di Kota Bekasi terpantau terendam banjir sedalam 50 cm, Jumat (7/10/2022).

NEWS | 7 Oktober 2022

Kejagung Diminta Tak Buru-buru Umumkan Kerugian Negara Korupsi Surya Darmadi

Kejagung diminta tak tergesa-gesa menyampaikan nilai kerugian negara dalam perkara dugaan korupsi bos PT Duta Palma Group, Surya Darmadi. 

NEWS | 7 Oktober 2022

Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Kabag Ops dan Kasat Samapta Polres Malang Belum Dicopot

Dua polisi tersangka tragedi Kanjuruhan belum dicopot dari jabatannya karena masih menunggu pemeriksaan minggu depan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Besok, Puan Maharani Temui Airlangga Hartarto di Monas

Puan Maharani akan bersilaturahmi dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Monumen Nasional (Monas), Jakarta. 

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Alasan The Palace Central Park Usung Konsep <em>Megastore</em>

Ini Alasan The Palace Central Park Usung Konsep Megastore

LIFESTYLE | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings