Polda Banten Gencar Lakukan Pengecekan Persiapan Normal Baru

Polda Banten Gencar Lakukan Pengecekan Persiapan  Normal Baru
Kapolda Banten, Brigjen Pol Drs Listyo Sigit Prabowo MSi (kiri), menyerahkan cinderamata kepada Komisaris Utama PT PP (Persero) Tbk, Andi Gani Nena Wea (kanan), pada acara Buka Puasa Bersama di Markas Polda Banten, Serang. (Foto: Istimewa)
Laurens Dami / EHD Selasa, 2 Juni 2020 | 21:13 WIB

Serang, Beritasatu.com - Kendati saat ini di wilayah Provinsi Banten belum diterapkan normal baru (new normal), namun jajaran Polda Banten terus melakukan pengecekan persiapan menuju penerapan normal baru.

Hal ini dilakukan untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.
Untuk diketahui, wilayah Tangerang Raya saat ini memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap keempat mulai 1-14 Juni. PSBB ini merupakan tahap terakhir menuju pemberlakuan normal baru. Karena itu masyarakat perlu dipersiapkan agar terbiasa dengan perilaku baru dalam penerapan normal baru.

Sementara lima kabupaten/kota lain di Banten yakni Kota Serang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak, kendati tidak diterapkan PSBB, namun tetap menjalankan protokol kesehatan.

Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar didampingi Karo Ops Polda Banten Kombes Pol Aminudin Roemtaat, Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Wibowo, Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana dan jajaran Polres Cilegon meninjau langsung Pos pengamanan Ops Ketupat Kalimaya 2020 dan objek wisata Pantai Anyer.

Peninjauan ini dalam rangka menghadapi fase baru dalam kehidupan saat ini di tengah pandemi Covid-19 yakni normal baru atau tatanan hidup baru sesuai kebijakan pemerintah dalam hal ini Presiden RI Joko Widodo

Pada kesempatan tersebut Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar menyampaikan bahwa Polri khususnya jajaran Polda Banten bersama unsur TNI telah mengerahkan personelnya untuk melakukan tugas pengamanan yang bertujuan untuk mendisiplinkan masyarakat agar dapat menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran wabah Covid-19.

"Personel jajaran Polda Banten bersama dengan personel TNI sudah kita ploting di tempat-tempat keramaian orang atau pengunjung untuk memberikan imbauan kepada masyarakat, mendisiplinkan masyarakat agar dalam menghadapi penerapan new normal ini dapat berjalan dengan baik," ujar Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar, Selasa (2/6/2020).

Kapolda menegaskan, terkait dengan jumlah pengunjung baik di objek wisata maupun objek-objek yang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat seperti pusat perbelanjaan dan lain sebagainya tetap dilakukan pembatasan agar tidak terjadi penumpukan masa.

"Kita imbau dan targetkan untuk lokasi-lokasi keramaian berkapasitas separuhnya atau 50 persen, bilamana di luar masih banyak warga yang ingin berkunjung, ya harus mengantre atau bergantian, misalkan menunggu 10 persen yang keluar dan 10 persen yang masuk," tegasnya.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengatakan, normal baru ini adalah kebijakan membuka kembali aktivitas ekonomi, sosial dan kegiatan publik secara terbatas dengan menggunakan standar protokol kesehatan.

"Normal baru ini upaya menyelamatkan hidup masyarakat, agar masyarakat yang memerlukan aktivitas di luar rumah dapat bekerja dengan menggunakan standar protokol kesehatan yang ditetapkan, maka dari itu Kapolda Banten beserta jajaran mengunjungi beberapa tempat keramaian di wilayah hukum Polda Banten untuk memastikan kesiapan normal baru tersebut, " pungkasnya.

 



Sumber: BeritaSatu.com