Doni Monardo Imbau 654 Pasien Covid-19 Sembuh di Jatim Donorkan Plasmanya

Doni Monardo Imbau 654 Pasien Covid-19 Sembuh di Jatim Donorkan Plasmanya
Ketua Gugus Tugas Doni Monardo (kedua kiri) bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kanan) secara simbolis menyerahkan bantuan kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indra Parawansa (kedua kiri) yang juga disaksikan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak (kiri) di Gedung Grahadi, Surabaya, Selasa (2/6/2020). (Foto: Istimewa)
Teguh L Rahmadi / JEM Selasa, 2 Juni 2020 | 20:46 WIB

Surabaya, Beritasatu.com - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letnan Jendral TNI Doni Monardo mengimbau kepada 654 pasien yang telah dinyatakan sembuh di Jawa Timur, bersedia mendonorkan plasmanya, melalui plasma convalescent.

Plasma darah diambil melalui sebuah metode plasma convalescent. Dari pengalaman sebelumnya, pasien Covid-19, yang mendapatkan terapi dengan plasma convalescent, pada saat menjalani perawatan intensif di rumah sakit, ternyata pasien bisa sembuh total.

Hal tersebut dikemukakan Doni, dalam kunjunganjya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (2/5/2020) siang.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Menteri Kesehatan, memberi perhatian khusus terhadap perkembangan virus ini di Jatim.

Menurut Doni, yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini, pemberian plasma tersebut merupakan terobosan luar biasa yang dikembangkan Kementerian Kesehatan.

Dalam keadaan seperti ini tidak mungkin menunggu obat mujarab untuk dapat menyembuhkan pasien Covid-19. Tetapi Bangsa Indonesia, berusaha berinovasi melalui para peneliti bidang medis, agar bisa menemukan cara, supaya bisa menyembuhkan pasien virus ini.

Menurut Doni, Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, hadir bersama ke Jawa Timur, menyerahkan 21 pack plasma dari pasien yang sudah sembuh.

Bantuan itu diberikan kepada rumah sakit, untuk membantu merawat pasien Covid-19, yang sudah dalam kondisi berat dan sangat berat.

Seperti diketahui jumlah pasien positif Covid-19 di Jatim, sampai Senin (1/5) malam tercatat 4.920 orang. Mereka yang dinyatakan sembuh 699, dirawat 3.775 dan meninggal 418 orang. 



Sumber: BeritaSatu.com