Tekan Kasus Covid-19, Pemprov Bengkulu Gencarkan Sosialisasi Penggunaan Masker

Tekan Kasus Covid-19, Pemprov Bengkulu Gencarkan Sosialisasi Penggunaan Masker
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menjadi pembina upacara pada peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020. Upacara secara vertual tersebut dilaksanakan di Balai Raya Semarak Bengkulu, Senin (1/6/2020) pagi. (Foto: istimewa)
Usmin / EHD Selasa, 2 Juni 2020 | 21:19 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu saat ini gencar mensosialisaskan pemakaian masker di pasar-pasar untuk menekan kasus penyebaran kasus covid-19 di daerah ini.

"Saat ini Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Bengkulu, gencar mensosialisakan penggunaan masker di pasar-pasar tradisional dan pusat perbelanjaran modern di daerah ini guna mencegah meluasnya penyebaran virus corona daerah ini," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu, Herwan Antoni, di Bengkulu, Selasa (2/6/2020).

Ia mengatakan, selain sosialisasi juga sekaligus membagikan masker kepada para pedagang yang tidak memakai alat kesehatan tersebut. Hal ini dilakukan agar setiap warga yang keluar rumah memakai masker sehingga tidak terjangkit covid-19.
Sebab, masih banyak warga Bengkulu, yang tidak menggunakan masker saat keluar rumah sehingga rentan terjangkit virus corona. Kondisi ini terlihat di sejumlah pasar tradisional Kota Bengkulu.

Karena itu, sosialisasi protokol kesehatan dilaksanakan di pasar- pasar tradisionall yang ada di daerah ini. Dengan demikian, kesadaran warga Bengkulu menggunakan masker, jaga jarak atau physical distancing dan rajin mencuci tangan semakin meningkat ke depan.

Dengan begitu kasus baru virus corona di Bengkulu semakin menurun sesuai yang diharapkan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 daerah ini.

Bahkan, kedepan diharapkan tidak ada lagi kasus positif covid-19 baru di Bengkulu, sehingga masyarakat kembali bisa beraktivitas seperti biasa.

Herwan menambahkan, Pemprov Bengkulu, menargetkan pembagian masker sebanyak 2 juta buah untuk 10 kabupaten dan kota di daerah ini. Penyaluran masker sebanyak ini dilakukan melalui Tim Gugus Tugas Covid-19.

Selain itu, Pemprov Bengkulu juga akan membagikan sebanyak 58 000 rapid test kepada pemkab dan pemkot guna menekan kasus covid-19 di daerah ini.

Pembagian masker kepada masing-masing pemkab dan pemkot di Bengkulu, tersebut sebesar 3 persen dari jumlah penduduk setempat.

Dengan pembagian rapid test sebesar 3 persen tersebut, diharapkan penyebaran virus corona di Bengjkulu dapat ditekan sekecil mungkin.



Sumber: BeritaSatu.com