Polisi Antisipasi Penumpukan Pemohon Perpanjangan SIM

Polisi Antisipasi Penumpukan Pemohon Perpanjangan SIM
Peserta antre membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Daan Mogot, Jakarta, Selasa (2/6/2020). Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya kembali membuka layanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang sebelumnya dihentikan akibat pandemi Covid-19. (Foto: ANTARA FOTO / Nova Wahyudi)
Bayu Marhaenjati / JAS Rabu, 3 Juni 2020 | 15:07 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, telah kembali membuka pelayanan publik perpanjangan dan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), di kantor Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) dan Polres wilayah hukum Polda Metro Jaya, sejak 2 Juni 2020. Pihak Kepolisian pun mengantisipasi penumpukan pemohon perpanjangan SIM.  

Ketika pelayanan dibuka Selasa kemarin, terjadi penumpukan pemohon di sejumlah kantor Satpas, seperti Satpas Jakarta Timur, Satpas Kemayoran, Jakarta Pusat, hingga Satpas Daan Mogot, Jakarta Barat. Para pemohon membentuk antrean yang panjang sehingga cenderung mengabaikan physical distancing atau jaga jarak pada masa pandemi Covid-19.

Mengatasi penumpukan pemohon itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo mengatakan, Polri telah memberikan dispensasi waktu yang cukup panjang kepada masyarakat untuk mengurus perpanjangan masa aktif SIM yang habis masa berlakunya periode 17 Maret hingga 29 Juni. Sehingga, masyarakat bisa mengatur dan memilih waktu agar tidak terjadi penumpukan pemohon.

"Dispensasi perpanjangan SIM diperpanjang sampai 29 Juni. Jadi selama yang habis masa berlakunya periode 17 Maret sampai dengan 29 Juni, bisa diperpanjang pada tanggal 29 Juni sampai dengan tanggal 31 Agustus," ujar Sambodo kepada Beritasatu.com, Rabu (3/6/2020).

Dikatakan Sambodo, polisi juga akan membatasi kuota pelayanan agar tidak terjadi penumpukan, setiap harinya.

"Ada kuota pelayanan harian disesuaikan dengan kapasitas ruang tunggu," ungkapnya.

Sambodo menyampaikan, guna memecah antrean di kantor Satpas, polisi juga membuka pelayanan SIM Keliling. Mulai hari ini, pelayanan SIM Keliling telah dibuka di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, dan selanjutnya akan diikuti wilayah lainnya.

"SIM keliling kita aktifkan untuk memecah antrian di Satpas. Kalau mal sudah mulai buka, nanti Gerai Samsat atau Satpas di mal juga akan kita buka lagi," katanya.

Diketahui, Polri kembali membuka pelayanan publik perpanjangan dan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), mengacu surat telegram nomor ST/1537/V/YAN.1.1./2020 tanggal 29 Mei 2020, yang ditandatangi oleh Kakorlantas Polri Irjen Istiono.



Sumber: BeritaSatu.com