Aparat Penyelenggara Pilkada Jangan Jadikan Pandemi untuk Cari Proyek

Aparat Penyelenggara Pilkada Jangan Jadikan Pandemi untuk Cari Proyek
Ilustrasi Pilkada 2020. (Foto: Antara)
Markus Junianto / YS Rabu, 3 Juni 2020 | 16:07 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 tetap hemat anggaran.

Pandemi Covid-19 tak seharusnya menjadi alasan bagi lembaga penyelenggara pemilu melaksanakan ajang politik daerah itu dengan prinsip at all cost.

Menurut dia, berbagai usulan sudah muncul dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, di mana pandemi Covid-19 belum selesai. Semisal penggunaan sarung tangan plastik saat pencoblosan, hingga model kampanye maupun debat secara virtual.

Baginya, keadaan itu akan membuka peluang banyaknya proyek baru terkait pilkada. Pada titik itulah dia menginginkan agar prinsip penghematan tetap dijaga.

"Jangan memanfaatkan Covid-19 untuk cari proyek. Harus kita cari sesuatu yang paling mudah, paling murah," ujar Guspardi dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (3/6/2020).

Bagi Politikus PAN itu, apapun yang direncanakan oleh KPU, harus tetap berpatokan pada prinsip efisiensi anggaran negara, namun harus dipastikan efektif. Khususnya dalam memastikan proses pilkada takkan merusak kesehatan masyarakat dengan makin menyebarnya Covid-19.

Selain murah dan efisien, Guspardi menilai alat yang digunakan saat Pilkada juga mesti mudah dimengerti masyarakat penggunaannya.

"Itu yang paling penting. Oleh karena itu cari sesuatu yang mengindahkan protokol kesehatan, cari alat yang paling mudah dimengerti masyarakat," tandasnya.



Sumber: Suara Pembaruan