Otoritas Bandara III Deklarasikan Zona Integritas

Otoritas Bandara III Deklarasikan Zona Integritas
Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III Fadrinsyah Anwar bersama seluruh pejabat dan pegawai menandatangani maklumat pelayanan dan pakta integritas ,Rabu (3/6)/2020). (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Amrozi Amenan / FER Kamis, 4 Juni 2020 | 00:12 WIB

Sidoarjo, Beritasatu.com - Seluruh pegawai Kantor Otoritas Bandara Wilayah III mendeklarasikan pencanangan pembangunan zona integritas menuju menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM).

Baca Juga: Inovasi AP II Cegah Penularan Covid-19 di Bandara Soetta

Deklarasi yang dilakukan di lapangan terbuka, Rabu (3/6/2020) dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, yaitu menjaga jarak dan memakai masker, diikuti oleh seluruh pejabat struktural, pejabat fungsional, dan pegawai honorer.

Kepala Kantor Otoritas Bandara III, Fadrinsyah Anwar mengatakan, kegiatan apel khusus ini dilaksanakan untuk menunjukkan komitmen bersama seluruh pegawai dalam upaya membangun budaya integritas guna terwujudnya tata kelola kepemerintahan yang baik dan bersih (good governance and clean governance) di lingkungan kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III.

"Saya mengajak seluruh pegawai kantor otoritas untuk bersama-sama meningkatkan layanan kepada masyarakat, melakukan inovasi-inovasi layanan, dan melarang adanya KKN dalam memberikan layanan kepada masyarakat,” kata Fadrinsyah.

Fadrinsyah mengatakan, kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan reformasi birokrasi demi terciptanya pemerintahan yang baik dengan 3 indikator utama, yakni peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan pelayanan publik.

Baca Juga: AP I Layani 7.931 Pergerakan Pesawat

Percepatan pencapaian indikator utama itu dilakukan dengan menjalankan program reformasi birokrasi pada unit kerja melalui upaya pembangunan zona integritas. Untuk itu, secara terus menerus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi.

"Deklarasi pencanangan pembangunan zona integritas ini adalah implementasi dari peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi nomor 52 tahun 2014, yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan birokrasi pemerintahan yang bebas korupsi, bersih, dan melayani,” tegasnya.

Fadrinsyah menambahkan, Kantor Otoritas tahun ini mempunyai layanan unggulan selain penyelenggaraan pengawasan dan pengendalian, yaitu pelayanan pas online, pelayanan perpanjangan sertifikasi peralatan ground support equipment (GSE) dan pelayanan perpanjangan rating personel bandara serta penerbitan rekomendari kawasan keselamatan operasi penerbangan (KKOP).

"Kami berharap tahun ini Kantor Otoritas Bandara Udara Wilayah III mendapatkan predikat WBK dari kemenpan RB. Deklarasi ini akan semakin meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat," tandasnya.

Baca Juga: 8 Juni, AirAsia Indonesia Kembali Layani Penerbangan

Selain itu, lanjut Fadrinsyah, dari pencanganan zona integritas ini diharapkan terdapat perbaikan nyata di masa yang akan datang sebagai sebuah landasan yang kokoh.

"Dengan integritas yang kokoh ini pelayanan publik yang cepat, aman, nyaman, dan biaya terjangkau, serta berhati nurani sesuai dengan harapan masyarakat dapat terealisasi,” imbuh Fadrinsyah.

 



Sumber: BeritaSatu.com