Sambut Normal Baru, Mafhud MD Berkunjung ke Anambas

Sambut Normal Baru, Mafhud MD Berkunjung ke Anambas
Menko Polhukam Mahfud MD bersama Mendagri Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja ke Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, Kamis, 4 Juni 2020. (Foto: Suara Pembaruan/Robertus Wardi)
Roberth Wardhy / CAH Kamis, 4 Juni 2020 | 15:03 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menko Polhukam Mahfud MD melakukan kunjungan kerja ke Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, Kamis (4/6/2020) ini. Kunjungan ini merupakan yang pertama dilakukan Mahfud sejak Indonesia dilanda pandemi covid 19 awal Maret lalu. Dalam kunjungannya, Mahfud ditemani Mendagri Tito Karnavian.

Keduanya terbang menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara dari bandara Halim Perdanakusuma meninjau Kepulauan Anambas. Anambas berada di Laut Natuna dan berbatasan langsung dengan tiga negara yaitu Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Mahfud MD datang ke Anambas tepat pada masa persiapan pemberlakuan normal baru (new normal) atau Adaptasi Kehidupan Baru. Karena itu, kunjungan kerja ini menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat seperti menjaga jarak di perjalanan dan lokasi pertemuan. Kemudian terus mengenakan masker dan selalu mencuci tangan pada sejumlah titik yang didatangi. Bahkan, Mahfud dan seluruh anggota rombongan melalukan test swab tiga hari sebelum keberangkatan.

“Protokol kesehatan covid-19 itu tidak hanya berlaku di kota, tidak hanya di daerah merah, tapi daerah-daerah terluar seperti Kepulauan Anambas ini juga mesti diterapkan. Meskipun daerah ini masih zona hijau, saya gembira karena masyarakat yang menyambut kami tadi pakai masker, suhu kita kita semua diukur, dan jarak tetap dijaga,” kata Mahfud dalam keterangan pers yang disebar ke wartawan pada Kamis siang (4/6/2020).

Selain sebagai Menko Polhukam, Mahfud dalam kunjungannya juga sebagai ketua pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP). Mahfud dan rombongan meninjau hasil-hasil pembangunan di kawasan perbatasan.

“Saya dan pak Mendagri tadi bicara dengan pak Bupati. Saya ingatkan bahwa virus corona ini serangannya cepat dan tak terlihat. Jadi supaya sungguh-sungguh menjaga lalulintas orang yang masuk keluar agar Anambas tetap hijau,” ujar Mahfud yang juga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi.

Sebelum meninggalkan Anambas, Mahfud menyempatkan diri mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) dengan Presiden Jokowi. Pada Rata situ, Mahfud melaporkan suasana prakondisi menjelang pemberlakuan new normal di pulau terluar ini. Setelah dari Anambas, Mahfud meneruskan perjalanan ke Pulau Galang untuk mengunjungi Rumah Sakit Khusus Covid-19. 

 



Sumber: BeritaSatu.com