Disiplin Ikuti Protokol Kesehatan, Kunci Penyelesaian Covid-19

Disiplin Ikuti Protokol Kesehatan, Kunci Penyelesaian Covid-19
Ilustrasi mencuci tangan. (Foto: Antara)
Arnold H Sianturi / LES Kamis, 4 Juni 2020 | 15:07 WIB

Medan, Beritasatu.com - Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Kadinkes Sumut), Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan, pandemi Covid-19 bisa dengan cepat diselesaikan bila masyarakat disiplin mengikuti protokol kesehatan.

"Protokol kesehatan sesuai anjuran kementerian kesehatan ini bisa dengan cepat menyelesaikan pandemi jika dilaksanakan," ujar Alwi Mujahit Hasibuan di Medan, Kamis (4/6/2020).

Alwi Mujahit mengatakan, jumlah pasien positif Covid-19 terus bertambah karena masyarakat masih sulit mengubah pola dan budayanya sebelum adanya pandemi virus corona. Sehingga, penularan terus terjadi.

"Untuk menyelesaikan penularan Covid-19 ini sebenarnya tidak sulit. Kunci ada tiga yakni, masyarakat harus menggunakan masker, rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, hindari kerumunan," katanya.

Ditambahkan, budaya lama masyarakat harus ditinggalkan setelah pandemi tersebut. Jika protokol kesehatan itu diterapkan maka mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19 kecil kemungkinan terjadi di mayarakat.

"Kehidupan yang baru (new normal) kemudian bisa dilaksanakan. Namun, budaya baru juga harus dilaksanakan. Tetap menggunakan masker, rajin mencuci tangan, jaga jarak dan tidak kerumunan," sebutnya.

Untuk mengetahui tingkat penyebaran dan penularan Covid-19, sambung Alwi Mujahit, pemerintah provinsi melalui dinas kesehatan kabupaten maupun kota, melaksanakan rapid test secara massal.

"Rapid test ini sudah berjalan dan sampai saat ini masih dilaksanakan di kantor pemerintahan, perkantoran, kecamatan maupun di pusat keramaian. Sudah disiapkan penanganannya," sebutnya.

Seperti diketahui, jumlah pasien positif Covid-19 di Sumut kembali bertambah sebanyak 26 orang dari jumlah sebelumnya 418 orang menjadi 444 orang. Pasien sembuh juga bertambah 9 orang menjadi 160 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Whiko Irwan mengatakan, penambahan jumlah pasien positif membuktikan penularan Covid-19 masih berlangsung di daerah tersebut.

"Jumlah pasien yang meninggal dunia bertambah satu orang dari sebelumnya 41 orang menjadi 42 orang. Saat ini, pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit, ada sebanyak 242 orang," katanya.

Whiko menambahkan, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) juga bertambah dari sebelumnya 144 orang menjadi 152 orang. Untuk kategori orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 534 orang.

Menurutnya, kedisiplinan masyarakat diperlukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan dalam melindungi diri, keluarga maupun orang sekitarnya.

"Protokol kesehatan ini yakni, tetap menggunakan masker, menggunakan jarak, rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, tidak melakukan kerumunan dan menjaga kebersihan lingkungan," sebutnya.

 



Sumber: BeritaSatu.com