Jokowi Minta Ada Target Terukur Angka Partisipasi Pendidikan di Indonesia

Jokowi Minta Ada Target Terukur Angka Partisipasi Pendidikan di Indonesia
Ilustrasi siswa SMA. (Foto: Antara)
Lenny Tristia Tambun / JAS Kamis, 4 Juni 2020 | 16:58 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran kementeriannya membuat target terukur untuk peningkatan angka partisipasi pendidikan baik di pendidikan dasar, menengah, dan tinggi.

"Ada target-target yang terukur, berapa target angka partisipasi untuk pendidikan dasar, menengah, dan tinggi," kata Jokowi dalam rapat terbatas tentang "Peta Jalan Pendidikan Tahun 2020-2035" melalui konferensi video di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (4/6/2020).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta jajarannya membuat target yang tinggi sehingga menimbulkan rasa optimis dan semangat untuk memajukan kualitas pendidikan nasional.

Karena itu target yang harus dibuat harus berkaitan dengan peningkatan hasil belajar, perbaikan kualitas guru, perbaikan kurikulum, infrastruktur, hingga distribusi pendidikan yang inklusif dan merata.

"Saya kira kita buat targetnya yang tinggi saja biar kita optimistis, biar kita semangat. kemudian seperti apa target untuk hasil belajar berkualitas baik untuk perbaikan kualitas guru, perbaikan kurikulum, maupun infrastruktur sekolah dan bagaimana mewujudkan distribusi pendidikan yang inklusif dan merata," ujar Jokowi.

Tak lupa Jokowi mengingatkan kemampuan untuk melakukan reformasi pendidikan tidak hanya ditentukan satu kementerian yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Namun, lanjutnya, reformasi di bidang pendidikan juga memerlukan dukungan komunitas pendidikan, dukungan dari kementerian lembaga, dukungan masyarakat, pemerintah daerah, juga kemitraan dengan swasta.

"Karena reformasi pendidikan bukan hanya mencakup penyesuaian kurikulum, pedagogi, dan metode penilaian, tapi juga menyangkut perbaikan infrastruktur, penyediaan akses teknologi dan juga yang berkaitan dengan dukungan pendanaan," terang Jokowi.



Sumber: BeritaSatu.com