Tiga Penambang Emas Liar Tewas Tertimbun Longsor di Merangin
Logo BeritaSatu

Tiga Penambang Emas Liar Tewas Tertimbun Longsor di Merangin

Jumat, 5 Juni 2020 | 19:51 WIB
Oleh : Radesman Saragih / CAH

Jambi, Beritasatu.com - Penambangan emas liar atau tanpa izin di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi kembali memakan korban. Tiga orang penambang emas liar di Kampung 8, Desa Tegal Rejo, Kecamatan Margotabir, Kabupaten Merangin tewas tertimbun longsor di lokasi penambangan emas liar. Jenazah ketiga korban yang berhasil dievakuasi Kamis (4/6/2020) malam langsung diserahkan kepada keluarga dan sudah dimakamkan di desa mereka, Jumat (5/6/2020).

Kapolres Merangin, Ajun Komisaris besar Polisi (AKBP) M Lutfi mengatakan, pihaknya masih menyelidiki kasus tewasnya tiga penambang emas liar di lokasi penambangan emas liar Desa Tegal Rejo, Merangin itu. Beberapa rekan-rekan sekerja para korban, warga dan kepala desa setempat sudah dimintai keterangan.

“Kami juga masih menyelidiki siapa pemodal yang mempekerjakan para penambang emas liar tersebut,”ujarnya.

Dijelaskan, peristiwa tewasnya tiga penambang emas liar di lokasi penambangan emas Desa Tegal Rejo, Merangin tersebut berawal ketika para penambang menggali tanah di daerah perbukitan untuk mencari emas, Kamis (4/6/2020) sore. Namun tiba-tiba perbukitan di lokasi penambangan longsor akibat hujan yang mengguyur daerah itu.

“Ketiga penambang tidak sempat menghindar karena longsor terjadi tiba-tiba. Mereka tertimbun hidup-hidup. Ketiga korban ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa, Kamis (5/6/2020) malam,” katanya.

Berantas Tuntas

Sementara itu kalangan aktivis lingkungan Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi meminta jajaran kepolisian di Jambi memberantas tuntas praktik penambangan emas liar yang hingga kini masih marak terjadi. Pemberantasan penambangan emas liar di daerah itu dinilai sangat mendesak karena semakin merusak lingkungan. Kemudian penambangan emas liar di Jambi juga kerap memakan korban jiwa.

“Penambangan emas liar di beberapa kabupaten di Jambi, termasuk di Bungo yang masih marak semakin merusak lingkungan. Penambangan emas liar juga masih terus memakan korban jiwa akibat tertimbunnya penambang. Karena itu penambangan emas liar harus diberantas tuntas di seluruh pelosok Jambi,” kata Koordinator Forum Peduli Hijau Kabupaten Bungo di Bungo,Hasan Ibrahim, Jumat (5/6/2020).

Menurut Hasan Ibrahim, pihaknya sudah dua kali melakukan pertemuan dengan jajaran pemerintahan dan keamanan terkait pemberantasan penambangan emas liar di daerah itu. Perkumpulan Hijau Bungo mengadakan pertemuan dengan Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Shantyabudi di Muarabungo, Kabupaten Bungo, Kamis (4/6) membahas pemberantasan penambangan emas liar di daerah itu.

Dikatatakan, pada pertemuan dengan Kapolda Jambi tersebut, Perkumpulan Hijau Bungo sudah menyampaikan kondisi dan dampak penambangan emas liar di Bungo. Penambangan emas liar yang kini banyak menggunakan alart berat semakin merusak hutan dan daerah aliran sungai (DAS).

“Selain itu, penggunaan mercury (air raksa) dalam penambangan emas liar menyebabkan air sungai tercemar. Kondisi tersebut membuat air sungai tidak bisa lagi dikonsumsi warga dan ikan-ikan sungai banyak yang mati,”katanya.

Menurut Hasan Ibrahim, kondisi dampak penambangan emas liar tersebut juga sudah disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Bungo, DPRD Bungo, Pemerintah Provinsi Jambi dan Polres Bungo. Namun aksi pemberantasan penambangan emas liar di daerah itu belum pernah dilakukan secara tuntas hingga saat ini.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Sisi Humanisme dan Edukasi Patut Dikedepankan TNI/Polri dalam Fase Normal Baru

Anggota Komisi I DPR RI Rizki Aulia Rahman Natakusumah mendukung kebijakan pemerintah terkait pelibatan anggota TNI/Polri dalam memgawali fase normal baru.

NASIONAL | 5 Juni 2020

New Normal: Ke Jakarta Aku Akan Kembali

Dalam habitus baru terdapat dua kelompok yang saling berbeda pendapat, yakni yang yakin Covid-19 ada dan kelompok yang merasa Covid-19 tidak ada.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Pemohon Membeludak, Dispensasi Perpanjangan SIM Dipertimbangkan

Antrian panjang terlihat di sejumlah satpas yang dipadati masyarakat yang hendak mengurus SIM baru dan perpanjangan.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Menpan RB: ASN Harus Kerja

Menpan RB Tjahjo Kumolo tidak lagi mengeluarkan instruksi baru terkait kewajiban ASN bekerja di rumah.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Perpres TNI Tumpas Teroris Bisa Bawa Indonesia ke Zaman Orba

Komnas HAM berharap dalam pemberantasan terorisme tidak ada pendekatan lain selain pendekatan hukum. Jika tidak, maka akan sangat berbahaya.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Pakai Pendekatan Perang, Substansi Perpres Teroris Berbahaya

“Dalam konteks terorisme, seharusnya perpektifnya adalah suatu tindak pidana. Di UU disebut tindak pidana terorisme, maka pendekatannya pendekatan hukum.”

NASIONAL | 5 Juni 2020

Pemprov Jateng Mulai Terapkan Sistem Kerja Normal Baru

Pintu masuk dan keluar gedung yang sebelumnya sama saja, kini dipisahkan. Para petugas dari dinas kesehatan menggunakan thermometer gun.

NASIONAL | 5 Juni 2020

John Palinggi: Hentikan Kebiasaan Mencaci Maki Orang Lain

Belum tentu yang suka menghina-hina kalau dikasih kepercayaan memimpin bangsa ini bisa berbuat lebih baik.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Setara Institute Sesalkan Penghapusan Aplikasi Kitab Suci Injil Minangkabau

"Permintaan Gubernur Sumbar bisa menjadi preseden buruk, sebab di kemudian hari kemungkinan akan digunakan oleh kelompok yang tidak menghargai kemajemukan."

NASIONAL | 5 Juni 2020

Masjid di Kota Jambi Terapkan Protokol Covid-19 Secara Ketat

Sebagian besar masjid di Kota Jambi sudah melaksanakan salat berjamaah, Jumat (5/6/2020) menyusul relaksasi pembatasan sosial.

NASIONAL | 5 Juni 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS