Perpusnas Dorong Pustakawan Hasilkan Penulisan Buku
Logo BeritaSatu

Perpusnas Dorong Pustakawan Hasilkan Penulisan Buku

Jumat, 5 Juni 2020 | 20:39 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) melalui kegiatan workshop Inkubator Pustaka Nasional, mendukung penuh peningkatan kemampuan pustakawan khususnya dalam mengeluarkan ide lewat penulisan sehingga menghasilkan karya dalam bentuk buku.

Baca Juga: 600.000 Buku di Perpusnas Bisa Dibaca Online

Kepala Biro Hukum dan Perencanaan Perpusnas, Joko Santoso mengatakan, workshop diharapkan menjadi momentum positif untuk memulai tradisi dan iklim penulisan, sekaligus menyalurkan pemikiran positif berdasarkan pengalaman yang ada di daerah.

“Inkubator Literasi Pustaka Nasional merupakan ajang untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi pustakawan dalam bidang penulisan. Melalui ajang ini, diharapkan dapat melahirkan karya-karya yang akan dibukukan dan diterbitkan oleh Perpusnas Press,” ujar Joko dalam sambutannya dalam acara workshop tersebut, Rabu (3/6/2020) petang.

Perpusnas

Joko Santoso menambahkan, persoalan penulisan, penerbitan, dan ketersediaan bahan bacaan di Indonesia bersifat lateral dan bukan linear.

Baca Juga: Perpusnas Susun Strategi Baru Layanan

"Oleh karena itu, harus diciptakan sebuah ekosistem yang saling menghidupi penulis, kepenulisan, termasuk pembuatan karya tulis baru dengan keunikan dan kepentingan serta manfaat tersendiri, yang didukung oleh penerbitan,” tambahnya.

Saat ini, kata Joko Santoso, tercipta kondisi di mana penerbitan mainstream tidak hanya memandang kualitas tulisan tetapi juga diserap pasar dengan baik. Persoalan inilah yang menghambat dunia kepenulisan karena tidak semua buku yang berkualitas baik laku di pasar.

“Nah, dengan upaya ini kita berharap kekurangan bahan bacaan di Indonesia yang saat ini angkanya satu buku dibaca 30.000 orang, segera bisa kita atasi dengan banyaknya karya baru dari penulis-penulis baru. Kedua, upaya penerbitan ini sebuah kerja bersama yang tidak mungkin disandarkan pada kepentingan ekonomis semata,” tegas Joko Santoso.

Sebagai informasi, kegiatan workshop ini dihadiri oleh 15 peserta yang terseleksi dan bekerja sama secara daring untuk menghasilkan sebuah buku yang akan diterbitkan pada Juli 2020.

Peserta yang terpilih melalui ajang kompetisi menulis Pustaka Nasional yang diselenggarakan pada Februari-Maret lalu dan diikuti 305 peserta yang berasal dari pustakawan dan pengelola perpustakaan dari seluruh Indonesia.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

2.363 Warga Kota Serang Ikut Rapid Test Massal, 5 Orang Reaktif

Rapid test massal digelar Pemprov Banten di Stadion aulana Kota Serang selama tiga hari.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Tiga Penambang Emas Liar Tewas Tertimbun Longsor di Merangin

Ketiga korban saat itu sedang melakukan penambangan emas liar di lokasi saat tiba-tiba perbukitan di lokasi penambangan longsor akibat hujan yang mengguyur.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Sisi Humanisme dan Edukasi Patut Dikedepankan TNI/Polri dalam Fase Normal Baru

Anggota Komisi I DPR RI Rizki Aulia Rahman Natakusumah mendukung kebijakan pemerintah terkait pelibatan anggota TNI/Polri dalam memgawali fase normal baru.

NASIONAL | 5 Juni 2020

New Normal: Ke Jakarta Aku Akan Kembali

Dalam habitus baru terdapat dua kelompok yang saling berbeda pendapat, yakni yang yakin Covid-19 ada dan kelompok yang merasa Covid-19 tidak ada.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Pemohon Membeludak, Dispensasi Perpanjangan SIM Dipertimbangkan

Antrian panjang terlihat di sejumlah satpas yang dipadati masyarakat yang hendak mengurus SIM baru dan perpanjangan.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Menpan RB: ASN Harus Kerja

Menpan RB Tjahjo Kumolo tidak lagi mengeluarkan instruksi baru terkait kewajiban ASN bekerja di rumah.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Perpres TNI Tumpas Teroris Bisa Bawa Indonesia ke Zaman Orba

Komnas HAM berharap dalam pemberantasan terorisme tidak ada pendekatan lain selain pendekatan hukum. Jika tidak, maka akan sangat berbahaya.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Pakai Pendekatan Perang, Substansi Perpres Teroris Berbahaya

“Dalam konteks terorisme, seharusnya perpektifnya adalah suatu tindak pidana. Di UU disebut tindak pidana terorisme, maka pendekatannya pendekatan hukum.”

NASIONAL | 5 Juni 2020

Pemprov Jateng Mulai Terapkan Sistem Kerja Normal Baru

Pintu masuk dan keluar gedung yang sebelumnya sama saja, kini dipisahkan. Para petugas dari dinas kesehatan menggunakan thermometer gun.

NASIONAL | 5 Juni 2020

John Palinggi: Hentikan Kebiasaan Mencaci Maki Orang Lain

Belum tentu yang suka menghina-hina kalau dikasih kepercayaan memimpin bangsa ini bisa berbuat lebih baik.

NASIONAL | 5 Juni 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS