Ingin Melahirkan di Yogya, Ibu dari Jakarta Positif Covid-19

Ingin Melahirkan di Yogya, Ibu dari Jakarta Positif Covid-19
Hari Pertama PSBB Transisi, Kasus Baru Corona di Jakarta Turun (Foto: Youtube.com/BeritaSatu / BSTV)
Fuska Sani Evani / EHD Jumat, 5 Juni 2020 | 21:31 WIB

Yogyakarta, Beritasatu.com - Seorang ibu warga Kota Yogykarta berumur 29 tahun menjadi pasien dengan status positif Covid-19 yang diumumkan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DI Yogyakarta pada Jumat (5/6/2020).
Juru Bicara Penanganan Covid-19 DIY, Berty Murtiningsih, mengatakan, ibu tersebut datang dari Jakarta pada 1 Juni, dan memang ingin melahirkan di Yogyakarta.

“Masuk rumah sakit di Yogyakarta pada 2 Juni, untuk melahirkan, namun pada hari ini hasil swabnya menunjukkan status positif. Bayinya sudah lahir dan berjenis kelamin perempuan dalam kondisi sehat serta sudah dibawa pulang oleh pihak keluarga, sementara si ibu belum boleh pulang dan dirawat di ruang isolasi,” katanya.

Dengan demikian, Ibu tersebut menjadi pasien positif Covid-19 pertama di DIY setelah tiga hari sebelumnya berturut-turut tidak terjadi kasus positif di DIY.  “Terkonfirmasi positif pada hari ini tanggal 5 Juni 2020 , satu kasus positif, dari total sampel specimen sebanyak 106 yang diperiksa di tiga laboratorium, dengan demikian total kasus positif Covid-19 di DIY menjadi 238 kasus, dan ibu melahirkan tersebut Kasus 240,” katanya.

Dikatakan, karena memiliki riwayat datang dari Jakarta, maka rumah sakit otomatis melakukan test swab kepada pasien, dan setelah diketahui hasilnya positif, RS dan gugus tugas melakukan tracing kepada riwayat kontak.

Berty melaporkan bahwa pada hari ini tidak ada kasus sembuh di DIY. “Tidak ada laporan kesembuhan kasus positif. Sehingga jumlah kasus sembuh di DIY tetap 175 kasus,”ujarnya.

Sementara, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di DIY mencapai 1.589, dengan 110 orang masih dirawat, hasil pemeriksaan negatif mencapai 1.191 orang, dan 160 orang masih dalam proses (18 meninggal dunia). Sedang Orang Dalam Pantauan (ODP) di DIY mencapai 6.917.



Sumber: BeritaSatu.com