Pemindahan RKUD Pemprov Banten ke BJB Hanya untuk Selamatkan Kasda
Logo BeritaSatu

Pemindahan RKUD Pemprov Banten ke BJB Hanya untuk Selamatkan Kasda

Jumat, 5 Juni 2020 | 21:38 WIB
Oleh : Laurens Dami / EHD

Serang, Beritasatu.com - Kebijakan Gubernur Banten Wahidin Halim memindahkan rekening khas umum daerah (RKUD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dari Bank Banten ke Bank Jabar dan Banten (BJB) saat ini menjadi polemik panjang.

Sebanyak 15 anggota DPRD Banten telah menandatangani pengajuan hak interpelasi kepada Gubernur Wahidin Halim sebagai buntut dari kebijakan pemindahan RKUD tersebut. Anggota DPRD Banten menilai kebijakan pemindahan RKUD ke BJB tersebut mengakibatkan Bank Banten semakin terpuruk. Karena itu, pengajuan hak interpelasi menjadi pilihan untuk meminta penjelasan Gubernur yang lebih utuh.

Menanggapi polemik tersebut, Pemprov Banten melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Banten mengatatakan pemindahan RKUD Pemprov Banten dari Bank Banten ke BJB perlu dilakukan untuk menyelamatkan kas daerah (kasda). Sebab, likuiiditas Bank Banten belakangan memburuk sementara Pemprov membutuhkan dana pemenuhan berbagai kewajiban.

Kepala BPKAD Provinsi Banten Rina Dewiyanti mengatakan, pengalihan RKUD dari Bank Banten kepada BJB dilakukan oleh Gubernur Banten pada 22 April 2020. Saat itu Bank Banten sudah tidak dapat menyalurkan dana yang diajukan bendahara umum daerah (BUD) karena telah mengalami kondisi likuiditas kritis.

“Dengan demikian menghapus anggapan bahwa terpuruknya Bank Banten disebabkan oleh pengalihan RKUD, justru sebaliknya. Penyebab dari RKUD dialihkan karena Bank Banten terlebih dahulu mengalami kesulitan likuiditas yang kritis," ujar Rina di Serang, Jumat (5/6/2020).

Mantan Kepala BPKAD Kabupaten Lebak itu menjelaskan, pemindahan RKUD bukan tidak beralasan. Tetapi didasarkan fakta bahwa Bank Banten terlambat menyalurkan dana bagi hasil pajak provinsi kepada kabupaten/kota untuk Januari 2020 senilai Rp190 miliar lebih.

Kemudian juga Bank Banten tidak dapat menyalurkan dana bagi hasil pajak provinsi kepada kabupaten/kota untuk periode Februari 2020 senilai Rp181,61 miliar lebih.

"Selain itu di tengah gencarnya penanganan covid-19 Bank Banten juga tidak dapat memenuhi tagihan pihak ketiga. Salah satunya untuk pengadaan alat-alat kesehatan sebesar Rp11,21 miliar lebih," katanya.

Dengan memperhatikan fakta seperti tersebut, kata dia, maka Gubernur mengambil langkah cepat dan tepat dalam upaya menyelamatkan dana kas daerah. Sekaligus juga melakukan upaya penyelamatan Bank Banten.

“Keputusan memindahkan dana RKUD dari Bank Banten ke Bank BJB menjadi pilihan buruk dari yang terburuk dalam rangka menjalankan perintah perundang-undangan. Sebab jika tidak dilakukan, maka potensi kehilangan dana kas daerah yang akan tertahan di Bank Banten akan semakin besar," ungkapnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Ingin Melahirkan di Yogya, Ibu dari Jakarta Positif Covid-19

Pasien melahirkan di Yogyakarta posetif Corona.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Tambah Dua, Kasus Positif Covid-19 di Jambi Tembus 101

Pasien baru positif Covid-19 di Jambi, yakni pasien nomor 100 berasal dari Kota Sungaipenuh dan pasien 101 berasal Kabupaten Merangin.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Perpusnas Dorong Pustakawan Hasilkan Penulisan Buku

Inkubator Literasi Pustaka Nasional merupakan upaya Perpusnas untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi Pustakawan dalam bidang penulisan.

NASIONAL | 5 Juni 2020

2.363 Warga Kota Serang Ikut Rapid Test Massal, 5 Orang Reaktif

Rapid test massal digelar Pemprov Banten di Stadion aulana Kota Serang selama tiga hari.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Tiga Penambang Emas Liar Tewas Tertimbun Longsor di Merangin

Ketiga korban saat itu sedang melakukan penambangan emas liar di lokasi saat tiba-tiba perbukitan di lokasi penambangan longsor akibat hujan yang mengguyur.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Sisi Humanisme dan Edukasi Patut Dikedepankan TNI/Polri dalam Fase Normal Baru

Anggota Komisi I DPR RI Rizki Aulia Rahman Natakusumah mendukung kebijakan pemerintah terkait pelibatan anggota TNI/Polri dalam memgawali fase normal baru.

NASIONAL | 5 Juni 2020

New Normal: Ke Jakarta Aku Akan Kembali

Dalam habitus baru terdapat dua kelompok yang saling berbeda pendapat, yakni yang yakin Covid-19 ada dan kelompok yang merasa Covid-19 tidak ada.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Pemohon Membeludak, Dispensasi Perpanjangan SIM Dipertimbangkan

Antrian panjang terlihat di sejumlah satpas yang dipadati masyarakat yang hendak mengurus SIM baru dan perpanjangan.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Menpan RB: ASN Harus Kerja

Menpan RB Tjahjo Kumolo tidak lagi mengeluarkan instruksi baru terkait kewajiban ASN bekerja di rumah.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Perpres TNI Tumpas Teroris Bisa Bawa Indonesia ke Zaman Orba

Komnas HAM berharap dalam pemberantasan terorisme tidak ada pendekatan lain selain pendekatan hukum. Jika tidak, maka akan sangat berbahaya.

NASIONAL | 5 Juni 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS