Prajurit Secara Humanis Ajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Prajurit Secara Humanis Ajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan
Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto. (Foto: Biro Pers Kepresidenan)
Novy Lumanauw/Lenny Tambun / WBP Minggu, 7 Juni 2020 | 16:35 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan, seluruh jajaran TNI dan Polri mendukung penuh penerapan prosedur dan adaptasi kebiasaan baru (new normal) di masyarakat pada masa pandemi Covid-19. Ia mengatakan, baik prajurit TNI maupun Polri telah diturunkan di banyak tempat untuk secara persuasif dan humanis mengingatkan kepada masyarakat mengenai pentingnya protokol kesehatan untuk tetap dipatuhi.

"Prajurit (TNI dan Polri) di lapangan berinteraksi secara humanis mengajak masyarakat untuk tetap bersama-sama menjaga protokol kesehatan tersebut sehingga masyarakat bisa beraktivitas namun tetap aman dari Covid-19," tegas Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (7/6/2020).

Baca juga: Jokowi: Indonesia Siap Menuju Tatanan Baru

Ia menyatakan, TNI dan Polri secara bersama-sama telah menerjunkan anggotanya di sejumlah zona merah yang ada di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota serta sebanyak 102 kabupaten/kota yang merupakan zona hijau untuk senantiasa mengajak dan mengingatkan masyarakat untuk berdisiplin menerapkan protokol kesehatan dan kenormalan baru.

Baca juga: Masuki New Normal, Pelonggaran PSBB Dievaluasi Setiap Minggu

Senada, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menyampaikan bahwa kunci utama bagi masyarakat untuk produktif, namun tetap aman dari Covid-19 ialah berdisiplin mengikuti protokol kesehatan dan imbauan pemerintah. "Saya bersama Bapak Panglima, mengimbau kepada masyarakat ayo kita bersama mendisiplinkan diri agar kita terhindar dari Covid-19, karena corona tidak memilih siapa yang akan menjadi sasarannya. Ini penting, pembelajaran mengenai disiplin tadi," kata Kapolri.

Selain itu, TNI dan Polri juga akan menambah pasukannya untuk turun di 138 kabupaten/kota yang masuk ke dalam zona kuning penyebaran Covid-19.



Sumber: BeritaSatu.com