Webinar Bulan Bung Karno, Djarot: Hadapi Pandemi, Kita Harus Tetap Berinovasi

Webinar Bulan Bung Karno, Djarot: Hadapi Pandemi, Kita Harus Tetap Berinovasi
Djarot Saiful Hidayat. (Foto: Istimewa)
Markus Junianto Sihaloho / JEM Selasa, 9 Juni 2020 | 12:57 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Djarot Saiful Hidayat, menyatakan walau sedang berada di tengah pandemi covid-19, pihaknya mendorong agar seluruh rakyat Indonesia terus berinovasi dan kreatif.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnopuri, ucap Djarot, menginstruksikan kepada seluruh kader partai untuk tetap berjuang di daerah masing-masing.

"Untuk berdikari di aspek pangan, kesehatan, energi, keuangan, dan pertahanan. Masyarakat Indonesia tidak boleh menyerah dan harus optimis. Kita akan bangkit," kata Djarot.

Hal itu disampaikan Djarot saat membuka webinar Peringatan Bulan Bung Karno 2020 dengan tema "Pancasila dan Keadilan Sosial", Selasa (9/6/2020).

Lebih lanjut, sikap itupun dilaksanakan oleh kader PDIP dalam rangkaian perayaan Bulan Bung Karno yang dimulai sejak 1 Juni. Menurutnya, di bulan Juni ini, masyarakat Indonesia turut 'meresapi' pemikiran, cita-cita, dan perjuangan Bung Karno.

"Meski saat ini bangsa Indonesia tengah dihadapkan dengan pandemi corona, masyarakat tetap berusaha untuk berinovasi," kata Djarot

Djarot sebagai Ketua Panitia Bulan Bung Karno mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat dan kader partai yang ikut menyemarakkan pelbagai lomba. Satu diantaranya lomba nge-vlog tentang sejarah Bung Karno.

"Meski menghadapi pandemi, seluruh kader ditantang untuk berinovasi," ujar Djarot.

Djarot pun tak menyangka di webinar yang pertama ini, masyarakat sangat antusias mengikuti. Tidak kurang dari 500 peserta yang mengikuti. Djarot menerangkan akan ada webinar-webinar selanjutnya dengan berbagai tema, seperti 'Rakyat Sumber Kebudayaan Nasional', 'Kedaulatan Pangan, Politik, Kesehatan, dan Berdikari'.

Djarot melalui webinar yang pertama ini juga menyampaikan terima kasih kepada sejumlah narasumber, yakni Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, dan Sekjen Transparency International Indonesia Yohanes Danang Widoyoko.

"Atas nama DPP rasa hormat dan terima kasih. Semoga pemikiran-pemikiran bisa kita kaji secara mendalam dan dapat diaplikasikan," kata Djarot.

Djarot mengatakan ada 3 peristiwa penting pada bulan Juni. 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila, HUT Bung Karno ke-119, dan Haul Bung Karno yang ke-50. Penting bagi sebuah bangsa untuk tidak melupakan sejarah pendiri bangsa.

"Webinar pertama juga dalam rangka mengisi spirit itu. Kita yakin di tengah pandemi seperti ini, spirit akan membangkitkan semangat kita semua agar bangsa ini menjadi bangsa pemenang," ujar Djarot.



Sumber: BeritaSatu.com