Pemprov Sumut Optimistis Swasembada Bawang Merah

Pemprov Sumut Optimistis Swasembada Bawang Merah
Wagub Sumut Musa Rajekshah saat meninjau lokasi pertanian bawang merah di Desa Liang Pematang, Deli Serdang. (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Arnold H Sianturi / FER Selasa, 9 Juni 2020 | 16:30 WIB

Medan, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) optimistis dalam mewujudkan swasembada pangan untuk komoditi bawang merah. 

Baca Juga: Pemprov Sumut Siapkan Transisi Menuju New Normal

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah mengemukakan hal itu setelah melakukan peninjauan lahan pertanian bawang merah di Desa Liang Pematang, Kecamatan Tigajuhar Kabupaten Deliserdang, Minggu (7/6/2020).

"Selama ini, Sumut masih mengambil bawang merah dari Brebes. Setelah kita melakukan peninjauan ke Desa Liang Pematang, masyarakatnya menanam bawang merah," ujar Musa Rajekshah melalui siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Selasa (9/6/2020).

Ijeck panggilan akrab Musa Rajekshah mengatakan, Pemprov Sumut masih melihat potensi lahan untuk bisa mengembangkan tanaman bawang merah. Ini sesuai dengan visi dan misi membangun Sumut yang bermartabat oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

Baca Juga: Pemprov Sumut Siapkan Sanksi untuk Pelanggar Aturan

"Kita yakin dan optimis karena memang tujuan visi pembangunan Gubernur Bapak Edy Rahmayadi dan saya sebagai wakilnya, salah satunya adalah mendongkrak pertanian di Sumatera Utara dan kita yakin, dengan kehadiran pemerintah di tengah masyarakat dan membantu keperluan-keperluan masyarakat saya yakin ini bisa berhasil,” katanya.

Saat melakukan peninjauan di lapangan, Ijeck merasa kagum dengan hasil bawang merah yang menjadi komoditi unggulan dari daerah ini.

Ijeck mengapresiasi tanaman bawang merah bisa ditanam hingga tiga kali dalam setahun. Daerah di sini cukup cocok dengan ketinggian mencapai 800 mdpl, didukung oleh cuaca dan udaranya yang sangat mendukung.

Baca Juga: Kemtan Jadikan NTT Sentra Bawang Merah Baru

Melihat kondisi lapangan, Ijeck optimis Sumut bisa meningkatkan panen bawang merah di Sumut. Apalagi, Sumut memiliki banyak daerah yang berada pada ketinggian 700 mdpl, yang sangat sesuai untuk pengembangan tanaman bawang merah.



Sumber: BeritaSatu.com