Pengamat Nilai Kesempatan Luhut Jaga Nama Baik Pemerintah Saat Debat dengan Rizal Ramli

Pengamat Nilai Kesempatan Luhut Jaga Nama Baik Pemerintah Saat Debat dengan Rizal Ramli
Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Antara)
Markus Junianto Sihaloho / JAS Kamis, 11 Juni 2020 | 20:29 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pengamat politik Deddy Kurnia Syah mendukung rencana debat antara Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan dengan ekonom Rizal Ramli menyangkut topik utang negara. Debat ini sekaligus kesempatan bagi Luhut untuk menjaga nama baik pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf).

Menurut Deddy, debat terbuka adalah tradisi baik, menandai kemapanan intelektual masyarakat, terlebih jika inisiasi muncul dari pejabat negara yang selama ini tertutup terhadap dialog intelektual.

"Dan jika ini terjadi, tentu preseden baik bagi keterbukaan dialog pejabat negara dan warganya," kata Deddy menjawab wartawan di Jakarta, Kamis (11/6/2020).

Baginya, topik utang negara selama ini menarik perhatian publik. Dengan debat itu, publik akan bisa membuat penilaian lebih jauh. Pada titik itu juga, maka Menko Luhut sebenarnya sedang membawa nama pemerintah.

"Pak Menko semestinya perlu menjaga nama baik dengan komitmen melaksanakan tantangannya sendiri untuk berdebat," ujarnya.

Jika diskusi itu dibatalkan, justru menurut Deddy akan memiliki dampak yang tak baik kepada pemerintah. Karena publik bisa jadi bertanya-tanya dan bahkan menduga bahwa kritik terhadap utang negara itu memang benar adanya. Bahwa sebenarnya negara berutang adalah kebijakan yang salah.

"Tentu publik akan menilai jika kritik terhadap utang negara memang benar, negara dalam kondisi salah kebijakan terkait itu. Untuk itu Menko perlu meneruskan tantangannya terlebih sudah ada pihak yang menyanggupi," ujarnya.

Untuk diketahui, tantangan debat publik itu justru pertama kali dilontarkan oleh Menko Luhut sendiri. Belakangan, Rizal Ramli menyanggupi. Seyogianya debat dilaksanakan hari ini. Namun informasi terakhir yang beredar, debat ditunda hingga 24 Juni.



Sumber: BeritaSatu.com