Mensos Apresiasi Tagana Makamkan Jenazah Terpapar Covid-19

Mensos Apresiasi Tagana Makamkan Jenazah Terpapar Covid-19
Anggota Tagana Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah menguburkan jenazah yang terpapar Covid-19, Selasa (9/6/2020) malam. (Foto: istimewa)
Carlos Roy Fajarta / BW Kamis, 11 Juni 2020 | 20:34 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Sosial Juliari Batubara mengapresiasi anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang memakamkan jenazah yang terpapar Covid-19 di Kapuas, Kalimantan Tengah, Selasa (9/6/2020).

"Tagana yang merupakan relawan sosial telah mendedikasikan dirinya untuk kemanusiaan, mereka bekerja tanpa pamrih, mereka bekerja tak kenal lelah, Tagana adalah pahlawan kemanusiaan,” ujar Juliari, Kamis (11/6/2020).

Ia memantau aktivitas anggota Tagana dari grup whatsapp Tagana Indonesia yang menguburkan jenazah pada malam hari dengan penerangan lampu senter.

"Menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai anggota Tagana memang tidaklah mudah. Di saat yang lain menghindari jenazah Covid-19, tetapi Tagana harus berjibaku menguburkan jenazah. Sungguh mulia tugas Tagana, tetap semangat dan terus bekerja untuk kemanusiaan," kata Juliari.

Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam dan Bencana Sosial Dinas Sosial Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, Andi Septianto Adinata mengatakan, Tagana di Kabupaten Kapuas menjadi garda terdepan dalam penguburan jenazah Covid-19.

"Awalnya Tagana sebagai tim pendukung, namun Bupati Kapuas meminta Kepala Dinas Sosial agar Tagana ambil alih sebagai tim inti dalam prosesi penguburan jenazah mulai dari menyolatkan jenazah, mengantar ke pemakaman sampai penutupan liang lahat. Tentunya mereka diperlengkapi dengan APD (alat pelindung diri)," tutur Andi.

Dari data yang dihimpun oleh Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementerian Sosial (Kemsos), sejak Maret hingga 9 Juni 2020, Tagana melakukan 5.341 tindakan terkait pandemi Covid-19 yang dibagi dalam 31 kegiatan, mulai dari disinfektan, layanan psikososial, hingga mendirikan dapur umum.



Sumber: BeritaSatu.com