6 Bulan, Polda Sumut Tangkap 5.082 Tersangka Narkoba

6 Bulan, Polda Sumut Tangkap 5.082 Tersangka Narkoba
Ilustrasi sabu-sabu. (Foto: Antara/Jojon)
Arnold H Sianturi / LES Jumat, 12 Juni 2020 | 14:34 WIB

Medan, Beritasatu.com - Dalam kurun waktu 6 bulan, Polda Sumut menangkap 5.082 orang karena terkait dalam peredaran narkotika dan obat - obatan berbahaya (Narkoba). Jumlah ini dipastikan mengalami peningkatan karena polisi semakin gencar melakukan pemberantasan.

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan, jumlah tersangka yang ditangkap itu meliputi bandar narkoba, pengedar maupun jaringan pengantar narkoba. Sebagian di antara tersangka ini memiliki jaringan narkoba internasional.

"Seperti kita lihat sendiri dari pengungkapan kasus yang sudah diungkap, barang bukti yang disita meliputi sabu-sabu mencapai puluhan kilogram, ganja ratusan kilogram maupun lainnya," ujar Martuani Sormin di Medan, Jumat (12/6/2020).

Mantan Kapolda Papua ini mengatakan, masalah peredaran narkoba bukan hanya persoalan yang melanda Indonesia. Sebab, seluruh negara sedang gencar untuk memerangi peredaran barang terlarang, yang menjadi musuh dunia tersebut.

"Untuk memberantas narkoba ini bukan hanya tugas polisi, pemerintah maupun TNI. Peran serta masyarakat, pemuka agama dan tokoh masyarakat dan pemuda, sangat dibutuhkan untuk melindungi generasi muda dari ancaman dan pengaruh sindikat narkoba," katanya.

Kapolda Sumut memerintahkan, seluruh anggota jajarannya untuk meningkatkan sosialisasi atas bahaya narkoba tersebut. Seluruh jajaran juga diperintahkan untuk gencar melakukan pemberantasan narkoba.

"Ambil langkah tindakan tegas dan terukur khusus untuk bandar dan pengedar narkoba. Saya tidak akan memberikan toleransi atas kasus ini, termasuk menindak tegas bawahan jika terbukti terlibat," sebutnya.



Sumber: BeritaSatu.com