Frekuensi Perjalanan KA di Sumut Ditingkkatkan

Frekuensi Perjalanan KA di Sumut Ditingkkatkan
Ilustrasi kereta jarak jauh. (Foto: Antara)
Arnold H Sianturi / WBP Jumat, 12 Juni 2020 | 16:41 WIB

Medan, Beritasatu.com - Pada masa transisi menuju kenormalan baru (new normal) di tengah pandemi virus corona (Covid-19), PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara (Sumut) meningkatkan frekuensi perjalanan kereta api (KA) lokal dari Medan tujuan Binjai, mulai 13 Juni 2020.

Vice President PT KAI Divre I Sumut, Daniel Johannes Hutabarat mengatakan, penambahan jadwal perjalanan ini dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan, seperti petunjuk dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. "Pengawasan terhadap petugas maupun calon penumpang semakin diperketat. Sebelum memasuki gedung dan kereta api, wajib menggunakan masker, mengikuti pemeriksaan suhu tubuh dan mencuci tangan," ujar Daniel Johannes di Medan, Jumat (12/6/2020).

Baca juga: KAI Perpanjang Kebijakan Refund Tiket

Menurutnya, penambahan frekuensi perjalanan kereta api mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 7 Tahun 2020 tentang kriteria dan persyaratan perjalanan orang dalam masa adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19.

Selain itu, juga mengacu Surat Edaran Ditjenka Kemhub No 14 Tahun 2020 tanggal 8 Juni 2020, tentang pedoman dan petunjuk teknis pengendalian transportasi perkeretaapian dalam masa adaptasi kebiasaan baru untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Secara umum, setiap penumpang kereta api lokal diharuskan dalam kondisi sehat, tidak menderita flu, pilek, batuk, demam, suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, wajib menggunakan masker, dan menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket," ungkapnya.

Daniel menambahkan, bila proses boarding penumpang kedapatan tidak memenuhi ketentuan tersebut, tidak diperkenankan melakukan perjalanan, dan tiket dapat dibatalkan dengan pengembalian bea penuh. Pengoperasian ini akan terus dievaluasi perkembangannya.

Adapun KA Sri Lelawangsa yang meningkatkan frekuensi perjalanan dalam melayani masyarakat dari Medan tujuan Binjai maupun sebaliknya, pada tahap awal hanya menjual 70 persen tiket dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

"Sengaja dijual tiket sekitar 70 persen dengan tujuan untuk menjaga jarak antar penumpang selama dalam perjalanan. Untuk tiket dapat dipesan secara online melalui aplikasi KAI Access dan go show," jelasnya.

Adapun perjalanan kereta api lokal tambahan yang beroperasi:

1. KA Sri Lelawangsa U76 Berangkat dari Stasiun Medan pukul 08.00 WIB
2. KA Sri Lelawangsa U75 Berangkat dari Stasiun Binjai pukul 08.45 WIB
3. KA Sri Lelawangsa U80 Berangkat dari Stasiun Medan pukul 11.00 WIaB
4. KA Sri Lelawangsa U79 Berangkat dari Stasiun Binjai pukul 11.45 WIB
5. KA Sri Lelawangsa U90 Berangkat dari Stasiun Medan pukul 18.45 WIB
6. KA Sri Lelawangsa U89 Berangkat dari Stasiun Binjai pukul 19.30 WIB.



Sumber: BeritaSatu.com