Kapolda Bengkulu Luncurkan Samsat Self Service di BIM

Kapolda Bengkulu Luncurkan Samsat Self Service di BIM
Ilustrasi membayar pajak kendaraan di kantor Samsat. (Foto: Istimewa)
Usmin / JAS Jumat, 12 Juni 2020 | 17:39 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bengkulu, Irjen Pol Teguh Sarwono, didampingi Gubernur Rohidin Mersyah meluncurkan Sistem Administrasi Satu Atap (Samsat) Self Service, yang berlokasi di pusat perbelanjaan Bengkulu Indah Mal (BIM), Kota Bengkulu.

Peresmian Samsat Self Service tersebut, ditandai pemotongan pita oleh Kapolda Irjen Pol Teguh Sarwono dan Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, Jumat (12/6/2020).

Kapolda Irjen Pol Teguh Sarwono mengatakan, Samsat Self Service yang diresmikan tersebut, merupakan program pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mana masyarakat dapat membayar pajak secara mandiri tanpa harus berinteraksi dengan petugas pajak.

“Samsat Self Service ini memberikan kemudahan bagi masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor roda dua dan empat tanpa harus berinteraksi dengan petugas pajak. Hal ini merupakan salah satu tugas Polri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Pimpinan Polri, lanjut Kapolda Bengkulu, selalu mengindahkan masyarakat untuk memberikan terobosan-terobosan baru dalam hal pelayanan publik, salah satunya Samsat Self Service, yang diluncurkan sekarang ini.

Dijelaskan, untuk membayar pajak sendiri, saat ini masyarakat sudah bisa mendatangi loket Samsat Self Service yang berada di komplek Bengkulu Indah Mall (BIM). Wajib pajak langsung masuk ke loket menuju ke komputer yang tersedia.

"Kita berharap terobosan-terobosan seperti ini juga bisa diikuti pihak lain dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat daerah ini," ujar Kapolda Bengkulu.

Kapolda Irjen Pol Teguh Sarwono berharap adanya layanan Samsat Self Service ini, akan membuat masyarakat semakin tertib dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor, sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Provinsi Bengkulu.

 



Sumber: BeritaSatu.com