Masa Transisi, Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Sumut Meningkat

Masa Transisi, Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Sumut Meningkat
Ilustrasi Virus Corona (Foto: istimewa / istimewa)
Arnold H Sianturi / LES Jumat, 12 Juni 2020 | 17:24 WIB

Medan, Beritasatu.com - Masa transisi menuju kehidupan baru (new normal) belum dapat menekan lonjakan pasien positif Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut). Dalam sehari, angka pasien positif corona justru bertambah sebanyak 88 orang. Jumlah ini dikhawatirkan terus meningkat.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemprov Sumut, Whiko Irwan menyampaikan, saat ini pasien positif Covid-19 bertambah, menyusul penambahan 88 kasus baru menjadi 768 orang, dan korban meninggal dunia bertambah satu orang menjadi 58 orang.

"Untuk pasien positif dinyatakan sembuh sebanyak 204 orang dan pasien yang masih menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit khusus penanganan Covid-19, ada sebanyak 506 orang," ujar Whiko Irwan di Medan, Jimat (12/6/2020).

Whiko mengatakan, meningkatnya jumlah pasien positif ini menunjukkan penularan virus corona masih berlangsung di tengah masyarakat. Sehingga, dibutuhkan kedisiplinan yang tinggi oleh masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dalam menuju tatanan baru tersebut.

"Kita mengkhawatirkan jumlah pasien positif Covid-19 mengalami lonjakan jika masyarakat tidak menggunakan masker saat berada di luar rumah, tidak mengambil jarak bahkan sampai melakukan kerumunan. Protokol kesehatan merupakan kunci penyelesaian Covid-19," katanya.

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP), sambung Whiko, sebanyak 163 orang dan orang dalam pemantauan sebanyak 420 orang.



Sumber: BeritaSatu.com