Logo BeritaSatu

Fadel Muhammad: Patuhi Protokol Kesehatan, Roda Ekonomi Bergerak

Sabtu, 13 Juni 2020 | 16:53 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad, mengimbau masyarakat mematuhi protokol kesehatan dalam beraktivitas. Dengan begitu, maka roda perekonomian bisa berjalan tanpa mengganggu kesehatan.

Baca Juga: Pimpinan MPR Bahas Hambatan KPK Jalankan UU Baru

Fadel juga meminta kepada pemerintah untuk mengontrol masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan penerapan jaga jarak atau physical distancing. Untuk mengontrol protokol kesehatan, diperlukan perangkat hukum dan ketegasan dari aparat pemerintah.

"Dengan mematuhi protokol kesehatan, roda ekonomi bisa berjalan, tanpa mengabaikan kesehatan," kata Fadel Muhammad, Sabtu (13/6/2020).

Menurut Fadel, dengan dibukanya berbagai aktivitas tempat umum, maka sektor perdagangan diperkirakan dapat kembali pulih. Pada masa lebaran, sektor perdagangan tidak mendapatkan momentum lebaran seperti di tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: MPR Minta Pemerintah Pastikan Protokol Kesehatan

"Pada kuartal I 2020, sektor perdaganan sudah mengalami perlambatan. Nah, di masa transisi PSBB ini, dengan dibukanya aktivitas perbelanjaan pada pertengahan Juni mendatang, maka sektor ini berpotensi menjadi salah satu sektor yang bertumbuh pada kuartal III 2020. Meskipun, pertumbuhannya masih akan terbatas," ujar Fadel.

Di sisi lain, mantan gubernur Gorontalo dua periode tersebut mengapresiasi upaya pemerintah menunda kebijakan new normal atau normal baru di sekolah. Fadel menegaskan kesehatan anak-anak Indonesia harus tetap dijaga. Jangan sampai anak-anak terinfeksi virus corona (Covid-19).

"Kami sudah menyarankan Kementerian Pendidikan untuk menunda anak masuk sekolah seperti biasanya. Kesehatan mereka harus dijaga karena mereka adalah masa depan bangsa," kata Fadel.

Baca Juga: DKI Tegur 5 Perusahaan Langgar Protokol Kesehatan

Seperti diketahui, di masa transisi ini ada sejumlah pelonggaran aktivitas. Pelonggaran untuk 11 bidang kegiatan yang sebelumnya bisa beroperasi selama masa PSBB bakal ditambah dengan kegiatan lainnya. Seperti pembukaan tempat ibadah, tempat usaha dan tempat kerja. Namun belum ada ketentuan tentang pelonggaran aktivitas di lembaga pendidikan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tolak UAS Masuk, Singapura Diminta Usir Koruptor Indonesia

Tolak UAS Masuk, Singapura Diminta Usir Koruptor Indonesia

NEWS | 12 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings