Kemkes Siap Sediakan Sarana Kesehatan di Sekolah

Kemkes Siap Sediakan Sarana Kesehatan di Sekolah
Terawan Agus Putranto. (Foto: B1/Lenny Tristia Tambun)
Dina Fitri Anisa / YUD Senin, 15 Juni 2020 | 18:47 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Kesehatan, dr. Terawan Agus Putranto mengatakan, selain membuat protokol kesehatan di sekolah secara teknis dan konsulatif bersama Kemdikbud dan juga Kemdagri. Lebih dari itu, Kemkes siap menyediakan sarana prasarana kesehatan, serta pendampingan secara promotif, preventif, dan konservatif dalam memonitor kegiatan di sekolah.

“Mudah-mudahan prioritas keselamatan dan keshatan para murid bisa berjalan dengan baik. Kegiatan belajar mengjar bisa berjalan dengan lancar. Itu yang bisa dilakukan kami untuk dukung apa yang dicanangkan oleh Kemendikbud dan Kemenag,” ungkapnya dalam keterangan pers virtual bertajuk, Penyelenggaraan Pembelajaran Tahun Ajaran & Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19, Senin (15/6).

Dirinya pun melanjutkan bahwa, pihaknya tidak akan tinggal diam jika menemukan kasus positif pada anak di sekolah. Terawan menjelaskan pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan sekolah terkait melalui dinas kesehatan dan puskesmas setempat.

“Kita akan melakukan tracing pada anak yang sakit. Tracing ini bisa ditelusuri dari lingkungan anak, maupun juga di lingkungan sekolahnya,” tuturnya.

Sementara aktivitas pembelajaran di sekolah, kata dia, akan dihentikan dan dipantau dengan ketat hingga, sekolah tersebut betul-betul menjadi zona hijau bagi peserta didik, guru, dan juga orang tua murid.

“Jika tidak ada kasus lagi maka bisa dibuka, sehingga kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut dipastikan berlangsung dengan aman, lancar, sehat dan selamat itu yang bisa kami lakukan,” tegasnya.



Sumber: BeritaSatu.com