Ini Tiga Kategori Protokol Olahraga di Era New Normal

Ini Tiga Kategori Protokol Olahraga di Era New Normal
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. (Foto: Istimewa)
Jayanty Nada Shofa / JNS Selasa, 16 Juni 2020 | 08:24 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyatakan protokol olahraga di tatanan normal baru (new normal) sudah terbit dan terbagi menjadi tiga kategori.

Kategori pertama adalah untuk kegiatan pelatihan di berbagai tingkat baik pelatnas, pelatda/pelatprov, pelatkab, pelatkot hingga latihan klub. Kedua adalah kategori kegiatan kejuaraan, event, kompetisi atau turnamen. Ketiga adalah kegiatan olahraga rekreasi. Kategori ketiga meliputi kegiatan olahraga rekreasi atau olahraga masyarakat.

"Ketiga kategori itu sudah kami terbitkan dan semuanya harus dipatuhi oleh semua stakeholder olahraga di Indonesia," ungkap Menpora Zainudin ketika mengikuti webinar, Senin (15/6/2020).

Zainudin melanjutkan, terkait bidang pendidikan jasmani, Kempora masih akan berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Pada webinar tersebut, Menpora juga memberikan salah satu contoh ketentuan protokol. Untuk olahraga masyarakat, misalnya, kapasitas pengunjung di pusat komunitas maupun pusat kebugaran baik yang indoor maupun outdoor serta area bermain dibatasi hingga maksimal 10 pengunjung di satu waktu dan tempat tertentu.

"Intinya, pemerintah dalam hal ini Kempora, sudah mengeluarkan protokol kegiatan keolahragaan yang berdasarkan protokol Covid-19. Kuncinya agar semua ini berjalan dengan baik dan maksimal, harus ada kedisiplinan semua masyarakat," ujarnya.

"Jika semua disiplin dalam menjalankannya, insyaallah, masa-masa sulit untuk olahraga di masa pandemi Covid-19 berakhir," tutup Zainudin.

Adapun protokol ini diterbitkan dengan nomor 6.11.1/Menpora/VI/2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan Corona Virus Disease (Covid-19) pada Kegiatan Kepemudaan dan Keolahragaan dalam Mendukung Keberlangsungan Pemulihan Kegiatan Melalui Adaptasi Perubahan Pola Hidup dalam Tatanan Normal Baru pada Kamis lalu (11/6/2020).



Sumber: BeritaSatu.com