Papua Muda Inspiratif dan Bulog Gelar Operasi Pasar Murah

Papua Muda Inspiratif dan Bulog Gelar Operasi Pasar Murah
Papua Muda Inspiratif Wilayah Jayapura bekerja sama dengan Perum Bulog menggelar operasi pasar murah di Papua dan Papua Barat. (Foto: Istimewa)
Asni Ovier / AO Selasa, 16 Juni 2020 | 21:03 WIB

Jayapura, Beritasatu.com – Dalam rangka membantu pemerintah melakukan stabilisasi harga pasar terhadap dua komoditas, yakni gula dan beras, Papua Muda Inspiratif (PMI) wilayah Jayapura menjalin kerja sama dengan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) regional Papua dan Papua Barat menggelar operasi pasar murah. Pasar murah yang diselenggarakan selama seminggu sejak Selasa (9/6/2020) hingga hari ini, Selasa (16/6/2020), itu bertempat di Jalan Merauke, Jayapura, Papua, yang merupakan gudang sekaligus Pasar PMI Jayapura.

Sebanyak dua ton gula dan dua ton beras yang didistribusikan oleh Bulog dijual oleh PMI dengan harga murah selama operasi pasar murah berlangsung. Gula yang dijual adalah gula dengan merek GKP Ekstrauwsugar GMM yang terdiri atas kemasan berukuran 50 kg sebanyak 40 karung serta beras merek DN Medium 20% dalam kemasan berukuran 10 kg sebanyak 200 karung.

Dalam siaran pers PMI yang diterima di Jakarta, Selasa (16/6/2020) disebutkan, hingga Jumat (12/6/2020) seluruh gula telah habis terjual. Semenara, beras yang mengalami keterlambatan pengambilan dari gudang habis terjual pada Senin (15/6/2020).

Setelah hari ini, Bulog akan mendistribusikan kembali gula, beras, tepung terigu, dan minyak goreng produksi Bulog untuk dijual dengan harga murah di Pasar PMI Jayapura. Sebagai mitra, ke depannya Papua Muda Inspiratif wilayah Jayapura akan menjadi distributor bagi Bulog.

Setelah operasi pasar murah selesai, untuk selanjutnya Pasar PMI Jayapura akan tetap menjual berbagai bahan-bahan pokok.

Direktur Eksekutif Papua Muda Inspiratif, Neil Leonardo Aiwoy mengatakan, ke depan, Pasar PMI Jayapura tidak hanya menjual gula dan beras, tetapi juga bahan pokok lain, seperti minyak goreng, telur, tepung terigu, kasbi, keladi, petatas (ubi jalar), dan sayur-sayuran.

"Barang-barang itu kami ambil dari 'mama-mama' Papua untuk kami pasarkan melalui media daring maupun luring," ujarnya.

Neil berharap, hla ini dapat membantu para pedagang dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berada di kota dan kabupaten Jayapura untuk tetap dapat bekerja di tengah pandemi, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Koordinator Papua Muda Inspiratif wilayah Jayapura, Karlos Paisey, mengucapkan terima kasih kepada Bulog atas kerja sama dengan PMI dalam mendistribusikan gula dan beras. “Operasi pasar murah bertujuan untuk membantu masyarakat agar dapat membeli gula dan beras dengan harga yang lebih murah dari harga di pasaran. Kami berharap kerja sama ini akan terus berlanjut ke depan,” imbuhnya.

Dikatakan, Papua Muda Inspiratif berkomitmen untuk terus berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak dalam membantu masyarakat Papua menghadapi masa pandemi Covid-19.



Sumber: BeritaSatu.com