Penyaluran Bansos Ditargetkan Rampung Akhir Juni

Penyaluran Bansos Ditargetkan Rampung Akhir Juni
Ilustrasi penerima bantuan sosial. (Foto: Antara)
Lenny Tristia Tambun / FER Rabu, 17 Juni 2020 | 17:17 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Sosial (Mensos), Juliari Batubara menargetkan penyaluran bantuan sosial (bansos) kepada warga yang terdampak Covid-19 akan selesai 100 persen pada akhir Juni 2020.

Baca Juga: Penyaluran Bansos di Jabar Terlambat

Saat ini, pemerintah terus berupaya menyelesaikan target penyaluran bantuan sosial yakni Program Keluarga Harapan (PKH) dan program Kartu Sembako. Untuk PKH, Kementerian Sosial (Kemsos) sudah menyalurkan sekitar 95,4 persen atau 95,43 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

"Progres dari penyaluran bansos reguler, yaitu PKH dan kartu sembako atau BNPT. Untuk PKH realisasi per Juni ini sudah 95,4 persen yaitu 95,43 juta keluarga penerima manfaat sudah menerima dana totalnya Rp 2,42 triliun," kata Juliari Batubara dalam konferensi pers secara virtual di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/6/2020).

Khusus penyaluran bansos di bulan Juni, kata Juliari, masih ada 456.671 keluarga yang belum menerima bansos atau dana sekitar Rp 130 miliar. "Insyaallah sampai akhir bulan ini akan tersalurkan sehingga pencapaiannya bisa 100 persen yaitu 10 juta keluarga penerima manfaat,” ujar Juliari Batubara.

Baca Juga: KPK Ingatkan Pemda Evaluasi Kriteria Penerima Bansos

Selanjutnya, untuk program bantuan pangan non tunai atau kartu sembako yang sudah tersalurkan mencapai 18,3 juta keluarga penerima manfaat dari target 20 juta keluarga.

"Dari target 20 juta keluarga penerima manfaat, per hari ini bulan juni sudah tersalurkan kepada 183 juta keluarga penerima manfaat dari target 20 juta KPM target 20 juta ini memang belum bisa tercapai 100 persen,” terang Juliari Batubara.

Juliari mengungkapkan, penyaluran program bansos kartu sembako belum 100 persen karena harus menyesuaikan dengan protokol Covid-19. Sebab, sebagai besar dari target penerima manfaat berada di wilayah yang sulit terjangkau.

Baca Juga: GAMKI Apresiasi Program Bansos Pemerintah

"Mengingat pada saat pandemi Covid-19 ini harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan dan sebagian besar dari sisa target penerima manfaat ini berada di wilayah-wilayah yang memang remote area atau tidak mudah terjangkau,” jelas Juliari Batubara.

Kendati demikian, Juliari optimistis penyaluran kartu sembako akan segera terealisasi 100 persen pada Juli 2020. "Insyaallah bulan depan kita bisa mencapai 20 juta keluarga untuk program sembako atau BPNT sehingga target 20 juta KPM bisa tercapai,” tukas Juliari Batubara.



Sumber: BeritaSatu.com