Tahun Ajaran Baru, DIY Masih Terapkan Pembelajaran Jarak Jauh

Tahun Ajaran Baru, DIY Masih Terapkan Pembelajaran Jarak Jauh
Ilustrasi belajar dari rumah. (Foto: Antara)
Fuska Sani Evani / JAS Rabu, 17 Juni 2020 | 17:16 WIB

Yogyakarta, Beritasatu.com - Belum termasuk zona hijau Covid-19, pembelajaran di DI Yogyakarta (DIY) pada tahun ajaran baru yang akan dimulai 13 Juli 2020, tetap dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan Disdikpora DIY, Didik Wardaya, mengatakan penerapan pembelajaran jauh menyesuaikan indikator yang diberikan oleh pemerintah pusat.

“Jika nanti DIY sudah diizinkan menerapkan pembelajaran tatap muka, maka tetap harus mengutamakan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

“Disdikpora DIY sedang mempersiapkan protokol dan mekanisme yang sesuai ketentuan dengan tetap mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan peserta didik,” katanya Rabu (17/06/2020).

Sedang untuk metode penerimaan siswa baru, Disdikpora DIY masih menyiapkan format pembelajaran di tahun ajaran baru, termasuk mendesain jadwal pembelajaran dengan sistem blok.

Untuk jenjang SMK, materi teori akan diberikan di awal, sedangkan praktik akan diberikan di akhir.

Saat ini, Disdikpora DIY tengah memperkuat dan mengoptimalkan metode pembelajaran jarak jauh di tahun ajaran baru.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, DIY memang belum termasuk zona hijau.

Pada tahun ajaran baru Juli mendatang, tetap dengan kegiatan belajar mengajar atau KBM online.

Diakui, pembelajaran online memang belum seefektif pembelajaran tatap muka. Namun, dengan berbagai media yang ada saat ini, sistem online bisa dikemas laiknya tatap muka, seperti halnya pegawai yang harus menggelar rapat secara daring.

Sementara, untuk sistem sif yang telah direncanakan bersama Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dipkora) DIY, akan diterapkan jika pembelajaran tatap muka sudah memungkinkan. 



Sumber: BeritaSatu.com