Pemprov Bengkulu Evaluasi Rencana Pembukaan Sekolah di Zona Hijau

Pemprov Bengkulu Evaluasi Rencana Pembukaan Sekolah di Zona Hijau
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. (Foto: Pemprov Bengkulu)
Usmin / FER Rabu, 17 Juni 2020 | 23:11 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, pihaknya bersama instansi terkait, saat ini masih mengkaji untuk membuka sekolah di daerah zona hijau penyebaran virus corona atau Covid-19.

Baca Juga: Dua Kandidat Dipastikan Maju Pilgub Bengkulu 2020

"Kita akan mengevaluasi dan pengkajian kasus Covid-19 dengan tim ahli Kemkes dan sekaligus memetakan dulu kondisi kejadian wabah virus corona di 10 kabupaten dan kota, hasilnya akan dijadikan dasar untuk membuka sekolah di Bengkulu," kata Gubernur Rohidin Mersyah, di Bengkulu, Rabu (17/6/2020).

Selain melakukan evaluasi, kata Rohidin, Pemprov Bengkulu juga perlu meminta rekomendasi dari Tim Gugus Tugas Penanganan (GTPP) Covid-19 untuk mengetahui apakah daerah ini, sudah masuk dalam kategori zona hijau, kuning atau masih merah.

Baca Juga: Tambah Satu, Kasus Positif Covid-19 di Bengkulu Jadi 105

"Sebab, ada pemetaan provinsi-provinsi yang dinyatakan provinsi masuk zona hijau, zona kuning, zona merah, oleh Tim Gugus Tugas Nasional. Karena itu, Pemprov Bengkulu butuh rekomendasi dari pusat untuk kembali membuka sekolah agar siswa bisa belajar secara tatap muka," kata Rohidin.

Selain itu, lanjut Rohidin, untuk membuka kembali sekolah dengan kegiatan aktivitas belajar seperti biasa harus melihat kesiapan daerah bersangkutan di level mana sekolah bisa dibuka, serta harus ada kesepakatan bersama, termasuk dengan wali murid.

Baca Juga: Rapid Test Seluruh Anggota KPU Provisi Bengkulu Negatif Covid-19

"Soal membuka sekolah tidak bisa terburu-buru, dan harus dengan kesiapan dan perencanaan matang. Selain itu, harus ada kesepkatan bersama agar tidak jadi polemik. Kalau sudah ada kesepakatan bersama maka saat sekolah dibuka kembali tidak ada yang protes," tandas Rohidin.



Sumber: BeritaSatu.com