Hari Ini Pembukaan CFD Masih Banyak Anak-anak dan Lansia

Hari Ini Pembukaan CFD Masih Banyak Anak-anak dan Lansia
Warga menggunakan masker dan pelindung wajah saat mengikuti Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau yg lebih dikenal dengan Car Free Day (CFD) di Jalan Thamrin sampai Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu, 21 Juni 2020. (Foto: Beritasatu Photo / Joanito De Saojoao)
Hotman Siregar / JEM Minggu, 21 Juni 2020 | 12:14 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD) kembali dibuka di Jalan Sudirman-Thamrin pada Minggu (21/6/2020) pagi. CFD dimulai pada pukul 06.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB.

CFD hari ini disambut antusias masyarakat baik dari wilayah Jakarta maupun daerah sekitarnya. Seluruh peserta CFD wajib memenuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemprov DKI untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Dari pantauan di Sudirman-Thamrin Minggu pagi, ribuan masyarakat memadati kawasan jalan protokol tersebut. Mayoritas masyarakat menggunakan sepeda.

Namun, sejumlah peserta CFD terpantau tak mengikuti protokol kesehatan. Anak-anak dan lansia masih terlihat di Jalan Sudirman-Thamrin saat CFD digelar.

Petugas gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP serta Dishub tampak meminta orang tua yang membawa anak-anak untuk mendatangi pos pemantauan terletak berada di dekat kantor pos polisi Bundaran HI. Masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan langsung ditegur.

Satpol PP DKI menerjunkan 500 personel untuk mengawasi aktivitas masyarakat saat CFD. Satpol PP disebar di sepanjang jalur CFD mulai patung kuda Monas hingga patung pemuda Senayan.

Salah satu peserta CFD yang mendapat teguran petugas di kawasan bundaran HI, Murdiono (35) mengaku tidak mengetahui aturan tak boleh membawa anak di bawah 10 tahun ke CFD. Ia juga mengaku tak mungkin meninggalkan anaknya di rumah sementara orang tuanya berangkat ke Sudirman-Thamrin.

"Sudah bosan di rumah, sekalian bawa anak-anak lah, walaupun hanya berjalan kaki. Enggak tahu kita begini (dilarang bawa anak). Kalau tahu, mendingan di rumah aja," ucap bapak beranak dua itu saat ditemui di Bundaran HI.

Murdiono berharap pemerintah DKI memberikan akses untuk anak-anak agar bisa ikut CFD. Sebab, menurutnya, anak-anak sudah sangat stress di rumah terus menerus.

"Kasihan anak-anak, mau dibawa kemana? CFD ini kan bagian dari refresing juga. Yang penting kan tetap pakai masker ya," katanya. 



Sumber: BeritaSatu.com