Menko PMK Sebut Kendala PPDB Online Persoalan Klasik

Menko PMK Sebut Kendala PPDB Online Persoalan Klasik
Ilustrasi PPDB Online. (Foto: Beritasatu Photo / Vento Saudale)
Lenny Tristia Tambun / FER Senin, 22 Juni 2020 | 17:46 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Banyak keluhan dari orang tua murid karena menemukan banyak masalah dan kendala dalam proses pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) online.

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menilai, masalah dan kendala PPDB online adalah persoalan yang klasik.

Baca Juga: DPRD Banten Soroti PPDB Online 2020

"Nah itu saya kira, itu klasik, persoalan klasik itu,” kata Muhadjir Effendy seusai rapat intern dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (22/6/2020).

Sebab, lanjut Muhadjir Effendy, sebelum merebaknya pandemi virus corona atau Covid-19 di Indonesia, permasalahan dan kendala yang sama dalam PPDB online sudah ada.

"Untuk pendaftaran online sejak dulu sebelum ada Covid-19 ya pasti ada masalah. Jangan harap suatu saat nanti tidak sama sekali enggak ada masalah,” ujar Muhadjir Effendy.

Baca Juga: Baru 47% Wilayah di Indonesia Mampu Gelar PPDB Online

Kendati demikian, pemerintah akan terus melakukan evaluasi PPDB online dan terus melakukan perbaikan. "Tapi ini kan mesti segera kita evaluasi. Kemudian kita benahi secara bertahap,” tegasnya.

Terkait dengan masalah usia calon siswa lebih tua diutamakan daripada calon siswa muda, menurutnya telah diurus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim saat ini.

"Saya kira dari Mas Mendikbud sudah menyampaikan press release-nya itu ya kita ikuti saja, tidak ada yang berbeda,” ungkap Muhadjir Effendy.

 



Sumber: BeritaSatu.com