Komisi I Dukung Penambahan Anggaran Kemkominfo

Komisi I Dukung Penambahan Anggaran Kemkominfo
Johnny G Plate. (Foto: Beritasatu Photo / Ruht Semiono)
Carlos KY Paath / FER Senin, 22 Juni 2020 | 23:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Komisi I DPR, Bambang Kristiono menyatakan, Komisi I DPR mendukung peningkatan kebutuhan anggaran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) sebesar Rp 16,8 triliun. Jumlah tersebut berdasarkan usulan Kemkominfo.

Baca Juga: DPR Minta Pemerintah Bangun Jaringan Sekolah Virtual

"Komisi I DPR mendukung peningkatan kebutuhan anggaran Kemenkominfo sesuai usulan kebutuhan anggaran tambahan Tahun Anggaran (TA ) 2021 sebesar Rp 16,8 triliun dari total kebutuhan anggaran Kemkominfo TA 2021 sebesar Rp22,5 triliun,” kata Bambang dalam rapat, Senin (22/6/2020).

Menurut Bambang, anggaran akan digunakan untuk percepatan digitalisasi nasional mencakup percepatan infrastruktut Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Misalnya seperti penyediaan infrastruktur telekomunikasi di wilayah tertinggal, terdepan dan terluar (3T), fasilitas percepatan penggelaran infrastruktur oleh operator telekomunikasi di wilayah non-3T.

Selain itu juga digitalisasi penyiaran, dan dukungan layanan pos logistik. Anggaran juga dipakai dalam rangka pembangunan pusat data nasional, refarming spektrum frekuensi radio, sumber daya manusia (SDM) talenta digital, pengembangan ekonomi digital, dan program legislasi nasional (prolegnas) 2021.

Baca Juga: Kemkominfo Berterima Kasih kepada Media

Bambang mengatakan Komisi I dapat menerima penjelasan Kemkominfo terkait pagu indikatif Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) TA 2021 sebesar Rp5,746 triliun.

"Anggaran tersebut digunakan untuk program penyediaan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi sebesar Rp3,6 miliar, program pemanfaatan TIK sebesar Rp468,6 miliar,” ujar Bambang.

RKA/RKP Kominfo sebesar Rp5,746 triliun juga digunakan untuk program penataan pengelolaan pos dan informatika sebesar Rp380,990 miliar, program komunikasi publik Rp165,194 miliar, program dukungan manajemen sebesar Rp1,070 triliun.

Pagu indikatif RKA/RKP Kemenkominfo TA 2021 itu juga termasuk pagu indikatif RKA/RKP Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat sebesar Rp59,172 miliar, Komisi Informasi (KI) Pusat sebesar Rp34,389 miliar, dan Dewan Pers sebesar Rp35,614 miliar.

Baca Juga: Kemkominfo Akan Selidiki Dugaan Data KPU Bocor

"Komisi I DPR mengapresiasi atas upaya dan dukungan yang telah dilakukan Kemkominfo, KPI Pusat, KIP, dan Dewan Pers dalam upaya membantu penanganan Covid-19 di Indonesia,” ungkap Bambang.

Komisi I juga mendorong Kemkominfo, KI Pusat, KPI dan Dewan Pers menyosialisasikan kebijakan tatanan kehidupan baru atau Normal Baru sesuai Tugas, Pokok, dan Fungsinya (tupoksi), sehingga masyarakat mengetahui kebijakan tersebut dengan benar.



Sumber: BeritaSatu.com