Logo BeritaSatu

New Normal, Rutan dan Lapas Kembali Terima Tahanan Titipan Kejaksaan

Rabu, 24 Juni 2020 | 20:38 WIB
Oleh : Yeremia Sukoyo / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) akan kembali menerima tahanan yang sudah inkrah maupun tahanan titipan Kejaksaan. Persiapan mulai dilakukan di semua tempat dalam menyambut new normal.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM, Reinhard Silitonga menjelaskan, menjelang kebijakan tersebut pihaknya terus melakukan sejumlah persiapan. Termasuk melakukan pengecekan ke sejumlah Lapas dan Rutan.

Di tahap awal, pengecekan Lapas dan Rutan kembali dilakukan setelah sempat dihentikan hampir tiga bulan ini karena adanya pandemi. "Hari ini kami cek bagaimana kesiapan itu menjelang new normal," kata Reinhard, di Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Dijelaskan Reinhard, pihaknya juga sudah memberikan surat edaran kepada Kalapas dan Karutan untuk persiapan penerimaan. Seluruh Lapas dan Rutan harus sudah siap untuk menerima tahanan yang sudah inkrah dan juga tahanan yang masuk dalam register A3 atau yang dipindah menjadi narapidana.

"Oleh karena itu nanti kita akan ikuti perkembangan berikutnya, kita evaluasi tentang penerimaan tahanan dari register A3," ucap Reinhard.

Dalam masa persiapan, Reinhard juga mengapresiasi Lapas Narkotika klas IIA Cipinang yang sudah mempersiapkan segala hal. Dirinya pun meminta kepada Lapas maupun Rutan lain di Indonesia untuk mencontoh apa yang sudah dilakukan.

"Lapas narkotika Cipinang sudah sangat baik, ini harus menjadi contoh untuk Lapas yang lain di seluruh Indonesia," katanya.

Menurut Reinhard, persiapan yang dilakukan lapas klas IIA sudah sangat layak menjelang new normal yang sebentar lagi akan berlangsung. Hal itu terlihat setelah dirinya melakukan pengecekan ke beberapa lokasi yang ada di lapas.

Kalapas Klas IIA Cipinang, Oga Darmawan, mengakui, untuk mendukung new normal pihaknya sudah menyiapkan aplikasi khusus untuk keluarga tahanan. Yakni aplikasi "Lapas Narkotika Cipinang" yang diharapkan bisa mempermudah keluarga warga binaan.

Dengan aplikasi itu nantinya keluarga bisa mendaftar dari rumah untuk bisa berkunjung ke Lapas. Diharapkan nantinya, keluarga dengan mudahnya menjadwalkan diri untuk menjenguk kerabatnya di Lapas.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kapolri: Ini Penyebab Banyak Korban pada Tragedi Kanjuruhan

Kapolri menyebutkan banyak korban tewas pada tragedi Kanjuruhan karena pintu stadion terkunci dan tidak ada petugas yang berjaga.

NEWS | 6 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Polisi Tetapkan 6 Tersangka

Sebanyak enam orang telah ditetapkan sebagai tersangka terkait tragedi Kanjuruhan pascakericuhan di Stadion Kanjuruhan

NEWS | 6 Oktober 2022

Komnas Perempuan: Pencegahan KDRT Harus Dilakukan secara Sistematik

Komnas Perempuan untuk melakukan pencegahan terhadap kekerasan dalam rumah tangga KDRT harus dilakukan secara sistematik

NEWS | 6 Oktober 2022

Perkara Korupsi Helikopter AW-101 Tunggu Jadwal Sidang

Perkara dugaan korupsi Helikopter AW-101 kini tinggal menunggu jadwal untuk disidangkan. 

NEWS | 6 Oktober 2022

Jelang Puncak G-20, Mendagri Tinjau Pembangunan TPST Kesiman Kertalangu

Mendagri berharap, pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu rampung pada akhir Oktober 2022.

NEWS | 6 Oktober 2022

Kemenag: Moderasi Beragama di Indonesia Dilirik Bangsa Lain

Kemenag menyatakan, saat ini moderasi beragama yang dipraktikkan oleh Indonesia telah dilirik oleh bangsa asing sebagai solusi mempererat keberagaman.

NEWS | 6 Oktober 2022

BPBD: 17 Jalan Tergenang dan 41 RT Terdampak Banjir Jakarta

Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan, sebanyak 17 ruas jalan tergenang dan 41 RT terdampak banjir Jakarta

NEWS | 6 Oktober 2022

Dana Desa Bisa untuk Atasi Susah Sinyal di Pelosok Kaltim

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menyarankan agar dana desa digunakan untuk memudahkan masyarakat desa mengakses internet di Kalimantan Timur (Kaltim).

NEWS | 6 Oktober 2022

Kapolres Belum Terima Laporan Korban Hilang di MTsN 19

Polres Metro Jakarta Selatan belum menerima adanya laporan orang hilang di lokasi tembok MTSn 19 Pondok Labu, Cilandak yang ambruk akibat banjir.

NEWS | 6 Oktober 2022

Besok, Polisi Periksa Baim Wong dan Paula Verhoeven Terkait Prank KDRT

Penyidik Polres Jakarta Selatan akan memeriksa Baim Wong dan Paula Verhoeven pada Jumat (7/10/2022) terkait prank KDRT

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Daftar Korban Meninggal Kanjuruhan


# Jilat Kue HUT TNI


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kapolri: Ini Penyebab Banyak Korban pada Tragedi Kanjuruhan

Kapolri: Ini Penyebab Banyak Korban pada Tragedi Kanjuruhan

NEWS | 30 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings