Tingkatkan Layanan, PLN Siapkan Aplikasi “New PLN Mobile”

Tingkatkan Layanan, PLN Siapkan Aplikasi “New PLN Mobile”
Aplikasi New PLN Mobile. (Foto: Istimewa)
Jayanty Nada Shofa / JNS Rabu, 24 Juni 2020 | 21:42 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) sedang mempersiapkan aplikasi “New PLN Mobile” untuk mempermudah pelanggan dalam mengelola kebutuhan listriknya.

New PLN Mobile merupakan pengembangan dari versi sebelumnya dan akan dilengkapi fitur-fitur baru. PLN saat ini sedang melakukan uji coba pada aplikasi tersebut untuk dipastikan beroperasi tanpa kendala.

Menurut Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini, inovasi dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berubah seiring berjalannya waktu.

“Lewat PLN Mobile ini, kami ingin memberikan pengalaman baru kepada pelanggan tentang kemudahan mendapatkan layanan listrik, menyampaikan keluhan termasuk membayar tagihan bulanan,” ungkap Zulkifli dalam keterangannya, Rabu (24/6/2020).

Dirinya menambahkan, New PLN Mobile akan lebih inovatif baik dari sisi tampilan maupun kemudahan penggunaan. Sebab, pelanggan dapat membeli token listrik, memasang sambungan baru, menambah daya atau membayar tagihan langsung dari aplikasi.

Pelanggan nantinya juga akan mendapatkan notifikasi jika ada pemutusan jaringan listrik. Notifikasi juga hanya akan dikirimkan bagi pelanggan yang terdampak.

“Itu karena kami menggunakan teknologi geospasial, sehingga posisi setiap pelanggan dapat diketahui dan informasi apa yang paling mereka butuhkan dapat dikelola secara akurat,” jelas Zulkifli.

Tak hanya itu, pelanggan dapat melakukan pengaduan gangguan dari aplikasi tersebut. New PLN Mobile juga akan menunjukan posisi dan perkiraan waktu tibanya petugas PLN di lokasi.

“Kami melakukan terobosan ini supaya pelanggan dan masyarakat pengguna listrik memiliki pengalaman yang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Pelanggan adalah raja yang harus dilayani sebaik-baiknya. Tanpa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, bisnis PLN tidak akan berkembang,” ujar Zulkifli.

PLN, lanjut Zulkifli, akan terus mengembangkan fitur-fitur baru pada New PLN Mobile seiring dengan bertambahnya layanan PLN. Misalnya, sambungan internet, stasiun pengisian mobil listrik atau layanan lainnya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

"Singkatnya, ini adalah aplikasi yang menyelesaikan semua kebutuhan dalam satu genggaman,” pungkasnya.

Adapun New PLN Mobile menjadi salah satu dari 20 terobosan yang disatukan pada program Transformasi PLN dengan empat fokus.

Yakni lean (efisiensi pengadaan listrik), green (pengadaan ramah lingkungan dengan pembangkit EBT), innovative (inovasi baru seperti fiber optik dan kendaraan listrik) dan customer-focused (mengutamakan pelanggan dan 100% elektrifikasi).



Sumber: BeritaSatu.com