Kemsos Siap Dukung Terbentuknya Komisi Nasional Disabilitas

Kemsos Siap Dukung Terbentuknya Komisi Nasional Disabilitas
Juliari Batubara. (Foto: Antara)
Carlos Roy Fajarta / YUD Rabu, 24 Juni 2020 | 21:55 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Sosial Juliari Batubara menyebutkan pihaknya siap mendukung administrasi terbentuknya Komisi Nasional Disabilitas (KND) seperti yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 68 Tahun 2020.

"KND sudah lama ditunggu sebagai kelembagaan yang terstruktur dalam hal pemantauan, pemenuhan dan advokasi hak hak penyandang disabilitas," ujar Juliari, Rabu (24/6/2020) dalam keterangan tertulisnya.

Amanat pembentukan Perpres tentang KND sudah diatur dalam Pasal 131, Pasal 132, Pasal 134 dan Pasal 149 UU RI Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

"Kami siap melaksanakan tugas dalam Perpres tersebut yakni pembentukan sekretariat KND, penyeleksian serta pengusulan calon komisioner kepada Presiden. Ka.i juga melakukan revisi atau mengusulkan anggaran tahun 2020 dan memastikan tersedia anggaran untuk program KND tahun 2021," tambah Juliari.

Setelah penyiapan pemilihan dan penetapan panitia seleksi komisioner, mereka akan memilih 14 calon komisioner KND secara terbuka untuk diajukan kepada Mensos dan Presiden. Ditargetkan pada 2021 Komisioner KND bisa langsung membuat program kerja sesuai Perpres.

"Tugas Sekretariat KND sifatnya dukungan administrasi dan kami (Kemsos) tidak ada intervensi di dalamnya. Kami sesuai UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Disabilitas berupaya menguatkan koordinasi dan sinkronisasi program perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas dengan berbagai kementerian dan lembaga baik di pusat maupun di daerah," tambah Juliari.

Dengan terbentuknya KND diharapkan ada advokasi kepada kelompok disabilitas misalkan ketentuan pekerja disabilitas baik di perusahaan swasta maupun pemerintah, upaya progresif dalam memenuhi kebutuhan akses sarana publik dan tindakan afirmatif hak-hak dasar penyandang disabilitas.



Sumber: BeritaSatu.com