Ospek Harus Dilakukan Secara Daring

Ospek Harus Dilakukan Secara Daring
Ilustrasi Ospek (Foto: Istimewa)
Maria Fatima Bona / IDS Rabu, 24 Juni 2020 | 19:41 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tahun akademik baru perguruan tinggi akan mulai berlangsung pada dua bulan mendatang yang biasanya akan dimulai dengan kegiatan orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek).

Plt Dirjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Nizam mengatakan, pada masa pandemi Covid-19 ini, perguruan tinggi dilarang melakukan ospek di kampus. Segala kegiatan pengenalan kampus harus dialihkan ke kegiatan daring. Pihaknya pun sudah mengeluarkan panduan untuk ospek.

“Sudah kami siapkan, semua harus berlangsung secara daring, tidak ada pertemuan fisik apalagi perpeloncoan. Itu tidak boleh. Kita mendorong untuk mengembangkan kreativitas, misalnya kegiatan pengenalan kampus bisa dilakukan dengan cara kolaborasi antarperguruan tinggi,” kata Nizam pada webinar "Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Covid-19", Rabu (24/6/2020) petang.

Dia menyebutkan, pihaknya telah menyediakan panduan dan modul untuk pengenalan kampus, pengenalan kehidupan kampus, organisasi kampus, dan kegiatan kampus, hingga cara belajar belajar di perguruan tinggi. Juga dimasukkan materi tentang mengembangkan diri, menjadi manusia dewasa yang mandiri, tata krama di kampus, etika bergaul dengan mahasiswa di kampus, dan menghindari perundungan.

"Semuanya sudah disiapkan dalam bentuk daring baik berbentuk sinkronus ataupun ansinkronus," ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com