Pakar: Tidak Semua ASN Kuasai Teknologi

Pakar: Tidak Semua ASN Kuasai Teknologi
Ilustrasi aparatur sipil negara. (Foto: Antara)
Carlos KY Paath / YS Kamis, 25 Juni 2020 | 14:19 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pakar Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada (UGM) Agus Heruanto Hadna mengingatkan, tidak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) menguasai teknologi. Hal ini dinilai menjadi tantangan tersendiri.

"Ini yang saya kira perlu dicatat. Apa yang menjadi tantangan? Keterampilan penguasaan teknologi digital, tidak semua ASN tahu," kata Agus dalam seminar daring bertajuk "Jalan Menuju ASN Unggul Pasca Pandemi, Kamis (25/6/2020).

Agus pun menyebut, "Mereka (ASN) punya ponsel pintar dengan merek bagus, tapi sekadar untuk Whatsapp, dan media sosial lainnya. Oke kalau dia sudah punya keterampilan, tapi jaringan internetnya ada enggak? Di wilayah terpelosok di DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) saja masih banyak bermasalah."

Agus menambahkan, panduan kerja-kerja ASN dari rumah juga harus disiapkan. "Oke ketersediaan jaringan internet ada, pertanyaan lain apa yang mereka kerjakan? Para ASN kita itu yang bekerja di rumah, enggak ngerti harus kerja apa," tukas Agus.

Menurut Agus, ASN yang seperti itu tentu tidak dapat disalahkan.

"Kita belum punya kebijakan yang bisa mendukung bagaimana ASN bisa WFH (bekerja dari rumah). Jadi jangan kaget jika mereka kurang produktif," kata Agus.



Sumber: Suara Pembaruan