Logo BeritaSatu

NTT Bisa Atasi Covid-19 Berkat Kesadaran Warga dan Kontrol Pemda

Kamis, 25 Juni 2020 | 21:41 WIB
Oleh : Dina Manafe / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Tingkat penyebaran Covid-19 di berbagai negara begitu tinggi, termasuk di Indonesia. Namun, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil mengatasinya dan menempatkan diri di zona risiko rendah penyebaran Covid-19.

Data nasional yang dilaporkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menunjukkan selama beberapa hari ini NTT memiliki nol kasus positif. Dari 21 kabupaten dan 1 kota di NTT, 13 di antaranya hingga saat ini tidak terdampak atau zona hijau.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 NTT, Jelamu Ardu Marius mengatakan, kunci dari keberhasilan penanganan Covid-19 berkat kesadaran masyarakat sendiri. Protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, seperti jaga jarak, pakai masker, dan sering mencuci tangan dilaksanakan secara disiplin. Hal ini juga didukung dengan pengontrolan oleh para bupati dan perangkat daerah terhadap arus orang antar wilayah.

“Bahkan tidak hanya kontrol dari bupati, sampai di ketua RT/RW sangat ketat mengontol masuk keluar orang,” kata Marius melalui ruang digital di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jakarta, Kamis (26/5/2020).

Marius mengatakan, ada sisi positif dari kepanikan warga terhadap penyebaran Covid-19 ini. Faktanya, kekhawatiran membuat orang lebih waspada. Ini pula yang terjadi pada sebagian warga NTT. Informasi mengenai bahaya Covid-19 dan makin baiknya pemahaman mereka tentang penyebaran virus ini mendorong warga lebih berhati-hati dan ketat melaksanakan protokol kesehatan bahkan sampai di desa-desa.

“Masyarakat di desa (justru) lebih patuh. Kontrol terhadap keluar-masuk orang tinggi sekali,” kata Marius.

Sosialisasi dan ajakan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan juga dilakukan rutin oleh pemda NTT di berbagai media massa, baik media konvensional maupun sosial media.

Marius mengatakan, sejak awal kasus positif mulai dilaporkan di Indonesia, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat segera membentuk tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pada 15 Maret 2020. Meskipun saat itu belum terdapat kasus di NTT.

Gubernur juga menginstruksikan semua aparatur sipil negara untuk tidak melakukan perjalanan ke luar daerah. Karena itulah NTT tidak memiliki kasus Covid-19 selama beberapa minggu sejak penyebarannya di Indonesia. NTT adalah provinsi terakhir yang melaporkan kasus pada sekitar akhir April 2020.

Kasus pertama di NTT adalah kasus impor, yaitu dari seorang warga yang baru kembali ke NTT setelah bepergian ke daerah terinfeksi di Pulau Jawa. Setelah itu terjadi transmisi lokal, yaitu penyebaran antarmasyarakat setempat, namun semuanya sudah tertangani.

Berdasarkan data nasional Gugus Tugas per Kamis (25/6/2020), NTT dilaporkan memiliki 111 kasus positif dengan tingkat kesembuhan hampir mencapai 80 persen. Hingga saat ini kematian 1 kasus, dan sebagian masih dirawat.

Pada awal bulan Mei 2020, jumlah kasus positif di NTT mulai meningkat tetapi kemudian fluktuatif. Sampai dengan saat ini, pemeriksaan lab menunjukkan hasil negatif secara berturut turut selama lima hari terakhir.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

TAG: 
BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Nama Anies Bergema Saat Disinggung Sosok yang Bakal Pimpin Indonesia

Nama Anies Baswedan bergema ketika para peserta Supermentor-27 merespons pernyataan Dino Patti Djalal soal sosok yang bakal memimpin Indonesia.

NEWS | 2 Oktober 2022

NATO Peringatkan, Rusia Melemah Tetapi Masih Berbahaya

NATO memperingatkan bahwa Rusia melemah tetapi masih berbahaya. Presiden Vladimir Putin dan Angkatan Bersenjata Rusia tidak boleh diremehkan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Gubernur Khofifah Berharap Tragedi Kanjuruhan Tak Terulang

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap tragedi Kanjuruhan, yang menewaskan 174 orang tidak terulang kembali.

NEWS | 2 Oktober 2022

Anies: Doakan Saya Bisa Jalankan Amanat Setelah Tak Jadi Gubernur

Anies Baswedan pun meminta doa kepada masyarakat agar dapat menuntaskan tugasnya hingga akhir masa jabatannya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kapolri Janji Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berjanji akan mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan, Malang, yang mengakibatkan sebanyak 125 orang meninggal dunia.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Kapolri Pastikan Dalami Penggunaan Gas Air Mata di Stadion

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan jajarannya akan mendalami penggunaan gas air terkait tragedi Kanjuruhan, Malang yang menewaskan 125 orang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Blusukan Bareng Gibran Rakabuming, Puan: Solo Selalu di Hati Saya

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendampingi kunjungan kerja Ketua DPR Puan Maharani di Solo, Minggu (2/10/2022).

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, PSM Makassar Ikut Berdukacita

Manajemen PSM Makassar menyampaikan duka mendalam atas tragedi Kanjuruhan yang menyebabkan meninggalnya ratusan suporter.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kepala Suku Wali Papua: Lukas Enembe Harus Kooperatif dan Hormati Hukum

Kepala Suku Wali Papua, Melianus Wali mengatakan Gubernur Papua, Lukas Enembe harus menghormati hukum yang berlaku.

NEWS | 2 Oktober 2022

Doa Bersama untuk Korban Tragedi Kanjuruhan, Ini Harapan Aremania Jakarta

Suporter Arema, Aremania di Jakarta menggelar doa bersama untuk para korban tragedi Kanjuruhan, Malang. Mereka berharap PSSI dan kepolisian berbenah diri.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Nama Anies Bergema Saat Disinggung Sosok yang Bakal Pimpin Indonesia

Nama Anies Bergema Saat Disinggung Sosok yang Bakal Pimpin Indonesia

NEWS | 17 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings