Bupati Tabanan Bagikan 133.000 Bibit Tanaman Cabai

Bupati Tabanan Bagikan 133.000 Bibit Tanaman Cabai
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti secara simbolis memberikan bantuan beras untuk warganya di Desa Adat Bedha, Tabanan, Kamis (25/6/2020). (Foto: istimewa)
Bernadus Wijayaka / BW Kamis, 25 Juni 2020 | 20:58 WIB

Tabanan, Beritasatu.com - Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti memberikan 133.000 bibit tanaman cabai kepada 133 perbekel se-Kabupaten Tabanan di Desa Adat Bedha, Tabanan, Kamis (25/6/2020).

Bibit cabai ini selanjutnya dibagikan kepada masyarakat setempat yang terdampak Covid-19. Selain itu, Eka juga membagikan cadangan pangan pemerintah (CPP) kepada 148 keluarga atau 487 petani nelayan yang terdampak Covid-19.

CPP bertujuan untuk mengatasi darurat dan kerawanan pangan serta bencana sosial saat pandemic Covid-19.

Bupati Eka sangat bersyukur bisa memberikan bantuan ke warga. Harapannya, bisa meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19. “Harapan kita dengan beras 1 ton ini, bisa mengurangi beban mereka,” ujarnya.

Bupati Eka menginstruksikan agar 133.000 bibit cabai tersebut diterima masyarakat yang memang benar-benar terdampak yang paling membutuhkan.

“Yang mereka belum mendapat bantuan, itu yang diutamakan. Ini tidak sekadar kita kasih bibit. Saya harapkan bibit ini bisa bertumbuh kembang dengan baik, sehingga mampu meningkatkan ketahanan pangan keluarga,” harap Bupati Eka.

Lebih lanjut ia menjelaskan, tujuan pemberian bibit cabai tersebut adalah untuk membiasakan masyarakat menanam tanaman pangan. Bibit tersebut murni produksi gotong-royong petani Tabanan. “Dengan harapan Tabanan mampu menjadi sentra produksi cabai ke depan. Mengingat, untuk menanam cabai tidak memerlukan lahan yang luas.

“Masyarakat bisa dengan hidroponik, bisa di pekarangan rumah, sekarang tinggal inovasinya seperti apa. Pupuk dan penyemaiannya murni dari petani Tabanan secara bergotong-royong, bukan impor,” imbuh Bupati Eka.



Sumber: BeritaSatu.com