ASN di Lebong, Bengkulu Akan Kembali Bekerja dengan Kenormalan Baru

ASN di Lebong, Bengkulu Akan Kembali Bekerja dengan Kenormalan Baru
Ilustrasi aparatur sipil negara. (Foto: Antara)
Usmin / JEM Jumat, 26 Juni 2020 | 10:44 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Pemkab Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, akan segera menerapkan kenormalan baru (new normal) untuk jam kerja aparatur sipil negera (ASN) di daerah ini setelah kasus virus corona atau Covid-19 di daerah ini penyebarannya terus melandai.

"Kita akan kembali memberlakukan jam kerja ASN di lingkup Pemkab Rejang Lebong, seperti semula masuk pukul 07.30 WIB dan kembali pukul 16.30 WIB, karena kasus Covid-19 di daerah ini terus melandai," kata Bupati Rejang Lebong, Ahmad Hijazi, di Bengkulu, Kamis (25/6/2020).

Dijelaskan, saat ini jadwal kerja ASN di lingkup Pemkab Rejang Lebong, masih sistem piket. Namun, sistim kerja ASN ini akan dikembali ke seperti semula karena kasus virus corona sudah melandai.

"Rencana mengembalikan jam kerja ASN seperti semula, segera kita bahas dengan Sekda dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di lingkup Pemkab Rejang Lebong. Sebab, memberlakukan sistem kerja seperti semula akan dimulai dari kelurahan hingga ke OPD, Badan dan Kantor," ujarnya.

Saat ini, katanya Kabupaten Rejang Lebong sudah kembali di zona hijau. Dengan demikian, sudah sangat layak dan siap untuk kembali menuju ke kehidupan normal atau new normal, termasuk dalam pelayanan publik kepada masyarakat di daerah ini.

"Kita sudah kembali ke zona hijau, karena dalam dua pekan ini tidak ada kasus baru positif Covid-19 di Rejang Lebong. Jadi, saya rasa sudah saatnya pelayanan publik di daerah ini kembeli ke normal," ujar Ahmad.

Meskipun demikian, jika nanti dilakukan penerapan jam kerja normal, tentunya seluruh OPD, Kantor dan Badan harus memperhatikan protokol kesehatan, di antaranya melakukan pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk kantor terhadap ASN, dan menyiapkan tempat cuci tangan pakai sabun (CTPS) di masing-masing kantor, serta wajib memakai makser, serta tidak terjadi kerumunan dalam ruang kerja.

"Kalau sudah normal kembali, tentunya protokol kesehatan wajib dipatuhi para ASN di lingkup Pemkab Rejang Lebong, termasuk masyarakat. ASN ke kantor wajib memakai masker, pemeriksaan suhu tubuh dan setiap OPD, Badan dan Kantor wajib menyediakan tempat cuci tangan baik bagi ASN mendiri maupun masyarakat yang akan berurusan," ujarnya.

Selain itu, para ASN tetap menerapkan jaga jarak physical distancing dalam ruang kerja guna menghindari terjadi penyebaran virus cooran. "Jika kita menerapkan protokol kesehatan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari, maka insya allah akan terhindar dari Covid-19," ujarnya.