Wapres: Penanganan Narkoba Harus Jamin Hak Warga

Wapres: Penanganan Narkoba Harus Jamin Hak Warga
Wakil Presiden, Ma'ruf Amin. (Foto: Istimewa)
Hotman Siregar / WBP Jumat, 26 Juni 2020 | 14:09 WIB

Jakarta, Beritasatu.com- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, penanganan Covid-19 dan narkotika membutuhkan standar yang sama yaitu memberi jaminan dan melindungi hak-hak masyarakat agar dapat hidup tumbuh dan berkembang secara baik. Penanganan kedua masalah itu menuntut inovasi dan disiplin.

Hal itu dikatakan Ma'ruf Amin dalam acara memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2020 secara virtual di Jakarta, Jumat (26/6/2020). Tema HANI tahun ini "Hidup 100% di Era New Normal Sadar, Sehat, Produktif dan Bahagia Tanpa Narkoba”.

Baca juga: Kepala BNN: Kejahatan Narkoba Ancaman Kemanusiaan yang Harus Diperangi Bersama

Maruf menilai tema acara HANI hari ini cukup tepat. Artinya, semua harus sadar akan hidup sehat, produktf dan bahagia. Wapres juga mengapresiasi kerja keras Badan Narkotika Nasional (BNN) dan institusi lainnya dalam program aksi pencegahan dan pemberantasan narkotika selama setahun ini.

Menurutnya, banyak prestasi nyata yang telah dicapai BNN sehingga mampu menurunkan prevalensi penyalahgunaan narkoba tahun 2011 sebesar 2,23 persen, menjadi 1,8 persen tahun 2019. “Berdasarkan capaian dan prestasi tersebut pemerintah berkomitmen kuat dalam melanjutkan program dan pemberantasan narkotika,” katanya.

Wapres menambahkan, Inpres No 20/2020 telah disahkan yang isinya memerintahkan agar seluruh Kabinet Indonesia Maju, jaksa agung, panglima TNI, kapolri, Badan Intelijen Negara (BIN), gubernur, bupati dan wali kota untuk melakukan aksi nasional P4GN.

Narkoba merupakan kejahatan lintas negara dan kejahatan luar biasa, oleh karena itu penangannya harus melibatkan semua unsur masyarakat, kerja sama internasional sangat diperlukan untuk memutus mata rantai peredaran narkotika,” katanya.



Sumber: BeritaSatu.com